Curug Cinulang, Air Terjun Di Jawa Barat. Ada banyak sekali objek wisata khususnya air terjun di Propinsi Jawa Barat. Salah satu air terjun indah yang pantas dikunjungi adalah Curug Cinulang. Curug sendiri merupakan bahasa Sunda yang berarti air terjun. Jadi Curug Cinulang adalah Air Terjun Cinulang.

Curug Cinulang terletak di perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Kabupaten Bandung, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Air Terjun Cinulang ini memiliki dua buah air terjun yang berdampingan dengan jarak 30 meter satu dengan yang lainnya. Masing-masing air terjun memiliki ketinggian yang hampir sama sekitar 50 meter. Air terjun sebelah kiri lebih besar dan deras aliran airnya dibandingkan air terjun yang berada di sebelah kanan.

Curug Cinulang
Biasanya pengunjung menghabiskan waktu dengan bermain di sekitar tepian kolam tampungan air terjun. Di sekitar air terjun terdapat banyak warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman yang akan menyapa siapa saja yang melintas didepannya. Diatas sungai yang airnya berasal dari air terjun tersebut terdapat sebuah jembatan kayu yang biasanya digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan indah Curug Cinulang tersebut.

2 Buah Air Terjun
Bagi sobat yang membawa putra-putri, di sekitar lokasi air terjun terdapat lokasi bermain anak-anak yang sederhana dihiasi ayunan dan bangunan panjat tangkas meskipun beberapa ada yang rusak.

Jembatan Kayu
Untuk mencapai lokasi air terjun ini relatif mudah. Setelah melewati pintu tol Cileunyi dari arah Bandung, sobat harus berjalan (maksudnya naik mobil) sejauh kurang lebih 11 kilometer ke arah Kabupaten Garut. Setelah itu terdapat papan petunjuk lokasi Curug Cinulang. Kemudian meluncur lagi ke arah timur sejauh 2,5 kilometer.

Pintu Masuk
Setelah sampai di lokasi parkir wisata Curug Cinulang, pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 100 meter. Sebelumnya jangan lupa untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu saja. Sepanjang jalan setapak menuju lokasi air terjun, terdapat banyak sekali penjual makanan dan minuman yang tidak bosannya menawarkan barang dagangannya kepada para pengunjung yang melintas.

Pada akhir pekan atau hari libur, pengunjung di Curug Cinulang ini biasanya membludak, dan biasanya meninggalkan banyak sampah yang berserakan. Seharusnya sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga kebersihan lokasi wisata air terjun Curug Cinulang ini.

Tagged:

0 comments: