Air Terjun Oehala 7 Tingkat , Nusa Tenggara Timur

Air Terjun Oehala 7 Tingkat , Nusa Tenggara Timur

Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala, Nusa Tenggara Timur. Provinsi NTT terkenal akan kondisi alamnya yang panas, kering, dan tandus. Tapi dibalik kondisi alamnya yang seperti itu, provinsi yang beribukota di Kupang ini memiliki beberapa objek wisata yang layak dikunjungi salah satunya adalah Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala.

Air Terjun Oehala terletak di Desa Oehala, Kota SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kota Kupang.

Bila sebagian besar Pulau Timor, dimana Kota Kupang berada ini memiliki kondisi alam yang panas, hal ini tidak berlaku di lokasi air terjun Oehala ini. Kondisi lingkungan di sekitar air terjun ini begitu sejuk mungkin karean letaknya yang berada di daerah hutan yang dipenuhi dengan pepohonan lebat sehingga sinar matahari terhalangi olehnya.

Tujuh Tingkat
Selain suasananya yang sejuk dan membuat nyaman, panorama air terjunnya sendiri juga sangat indah. Air Terjun Oehala memiliki bentuk bertingkat-tingkat laksana anak tangga raksasa. Jadi air yang turun tidak langsung menyentuh tanah, tapi masih harus melalui undakan-undakan besar yang berjumlah 7 buah.

Bermain Air
Karena airnya tidak langsung turun ke bawah, kolam penampungan air pun lebih dari satu. Di undakan atas terdapat kolam penampungan air yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk mandi dan menceburkan diri ke air. Namun diharapkan hati-hati bila menaiki undakan-undakan air terjun tersebut karena sangat licin.

Air Terjun Oehala
Air terjun ini sangat jernih dan dingin sehingga membuat siapa saja akan tergoda untuk bermain air di kawasan air terjun ini. Jadi jangan lupa untuk membawa baju ganti bila mengunjungi air terjun Oehala ini.

Memang untuk fasilitas pendukung disini sangat kurang. Terdapat lopo (tempat istirahat tradisional suku dawan) yang kondisinya agak kurang terawat. Kondisi toiletnya pun tidak jauh beda dari lopo tersebut. Fasilitas yang paling bagus disini adalah tempat parkir kendaraan, itupun kadangkala tidak ada yang menjaga.

Anak Tangga Menuju Air Terjun
Untuk konsumsi, disini terdapat penjual makanan dan buah-buahan meskipun jumlahnya yang bisa dihitung dengan jari. Sebenarnya tanpa fasilitas itu semua, air terjun Oehala ini tetap indah dipandang. Namun untuk mendongkrak jumlah pengunjung harusnya pemerintah setempat lebih peduli akan hal ini.  

Untuk menuju lokasi air terjun ini relatif mudah. Dari Kupang cukup menuju ke arah Kota SoE  dan sampai ke arah Kapan, ada tugu kemudian belok ke arah kanan, jangan ke arah Atambua. Setelah sampai di lokas, kita harus berjalan kaki masuk ke hutan dengan melewati beberapa anak tangga sebelum sampai ke lokasi Air Terjun Oehala ini.
  



6 comments:

  1. tempat ini juga gak kalah serunya dgn air terjun oehala.
    Namanya Mata Buntu ini linknya: http://www.pai-cube.com/2012/11/asal-mula-wasuponda.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya sob, segera meluncur kesana....

      Delete
  2. cantik sekali.... yap saya pernah di TTS (timor tengah selatan) dari kecamatan yang berada di puncak gunung sampai yang di pesisir. landscape sungguh indah, langitnya so biru jernih, lautnya (di kolbano kalo ga salah)wahh sangat-sangat hijau indah sekali. cuman sayangnya pemerintah di sana kok terkesan tidak peduli. mereka cuma peduli masalah tambangnya. banyak nelayan, petani yang miskin meski lahannyaluas. sungguh menyedihkan.saya harap generasi muda disana tergerak hatinya untuk perubahan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  3. wow bagus banget pingin kesana
    mas bro minta gambarnya yaa,,!!
    kunjungi juga
    shinemage.blogspot.com

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog