Lembutnya Air Terjun Seloprojo ( Sumuran ), Magelang

Air Terjun Seloprojo atau Sumuran. Magelang dikenal sebagai salah satu kota wisata di Jawa Tengah. Kota ini terkenal akan objek wisatanya yang mendunia yaitu Candi Borobudur. Ternyata Magelang memiliki objek wisata berupa air terjun yang cantik yaitu Air Terjun Seloprojo atau yang biasa disebut air terjun Sumuran.

Air Terjun Seloprojo terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang , Jawa Tengah. Memang ketinggian air terjun ini tidak seberapa hanya 35 meter, tapi air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Airnya tidak langsung jatuh dari atas ke dasar tanah, namun air tersebut jatuh dengan lembut dan berkelok-kelok melalui batuan andhesit sehingga menimbulkan pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Seloprojo
Air terjun ini juga biasa disebut dengan air terjun sumuran karena terdapat sebuah lubang seperti sumur sedalam 8-10 meter pada bagian sebelum atasnya air terjun. Di bawah pancuran air terjun ini terdapat kolam penampungan air yang berjumlah 2 buah. Diujung kolam penampungan terdapat 3 ornamen kepala burung yang dari mulutnya memancarkan air yang cukup deras.

Kolam Penampungan
Suasana alam di sekitar air terjun ini begitu tenang dan sejuk. Di sebelah kanan dan kiri air terjun merupakan dinding batu yang ditumbuhi oleh tanaman-tanaman liar. Di sekitar air terjun terdapat gubuk kecil yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati keindahan Air Terjun Seloprojo ini. Selain itu terdapat 2 buah kamar mandi sebagai fasilitas pendukung objek wisata ini.

Karena keindahannya, lokasi air terjun Seloprojo ini sering digunakan sebagai lokasi pemotretan untuk pre-wedding serta untuk keperluan memotret lainnya. Selain sebagai objek wisata, air terjun yang airnya berasal dari puncak Gunung Telomoyo ini juga digunakan sebagai pengairan bagi warga Desa Seloprojo.

Objek Foto
Air yang memancar dari patung kepala burung tersebut mengalir ke kolam dibawahnya dan diairkan lagi ke selokan yang menuju ke pemukiman warga. Sebuah jembatan besi mungil melintas diatas selokan air tersebut.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup mudah. Jika dari arah Salatiga atau Kopeng, dapat melalui Pasar Ngablak, Lalu belok ke kanan melewati depan Kantor Kecamatan Ngablak menuju Desa Seloprojo. Sedangkan kalau dari arah Kota Magelang atau Semarang, dapat lewat depan Puskesmas Grabag menuju ke Desa Seloprojo.

Sampai di gerbang air terjun Seloprojo, terdapat jalan setapak yang hanya bisa dilewati oleh motor. Bagi sobat yang membawa mobil bisa memarkirnya di depan rumah penduduk sekitar. Sesampainya di tempat parkir motor, kita harus membayar retribusi masuk sebesar Rp 3 ribu per orang kemudian perjalanan dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki dengan jarak yang tidak jauh. Akhirnya sampai di lokasi Air Terjun Seloprojo.

Share :

Facebook Twitter Google+

3 Responses to "Lembutnya Air Terjun Seloprojo ( Sumuran ), Magelang"