Pulau Sikuai, Padang Liburan Tahun Baru 2013 Yang Asyik

Pulau Sikuai, Padang Sumatera Barat. Bagi sobat yang masih bingung menentukan kemana tujuan atau destinasi sobat pada libur panjang hari Natal dan Tahun Baru 2013 ini, aku punya referensi tempat wisata yang indah, asyik, seru, dan menyenangkan yang bisa menjadi pertimbangan sobat. Nama tempat wisata itu adalah Pulau Sikuai yang terletak di Provinsi Sumatera Barat.

Kenapa aku memilihkan Pulau Sikuai ini untuk destinasi liburan tahun baru nanti. Ya, mungkin sobat sudah bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja, dan ingin menikmati tempat indah lainnya di Indonesia. Pulau Sikuai secara geografis terletak setengah mil laut dari Kota Padang dan secara administratif berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.  

Resort
Pulau Sikuai memberikan pengalaman liburan sobat bersama pasangan atau pun keluarga menjadi tak terlupakan. Pulau yang memiliki luas 44 hektar ini memiliki keindahan alam yang masih asri dan alami, dihiasi hutan tropis yang lebat dan pesisir pantai yang berpasir putih dengan lambaian daun pohon kelapa, yang seakan-akan memanggil siapa saja untuk singgah.

Pulau yang dikembangkan sebagai tujuan wisata sejak tahun 1994 ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan dibangunnya beberapa jenis penginapan seperti hotel berbintang 2, resort, restoran, kolam renang, dan beberapa buah cottage. Memang 2,4 hektar dari luas pulau cantik ini digunakan sebagai kawasan resort dengan fasilitas lengkap dan sisanya dibiarkan sebagai kawasan hutan tropis dan pantai.

Pasir Putih
Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di pulau ini. Seperti berenang di pantai dengan laut yang biru, snorkeling, bermain kano dan sebagainya. Saking jernihnya air laut di pulau ini, kita bisa melihat terumbu karang yang ada di dasar laut dari atas perahu. Selain itu bila kita beruntung, bisa menjumpai bayi-bayi penyu yang sedang bermain di sela-sela batu karang.

Selain beraktivitas di pantai, kita bisa mencoba trekking di hutan tropis di pulau Sikuai ini. Sudah ada anak tangga yang dibangun menuju puncak bukit sehingga memudahkan wisatawan untuk melakukan olahraga yang satu ini, namun tetap saja melelahkan. Atau sobat bisa bersepeda di track di tepi pantai sambil menikmati hembusan angin laut yang hangat.

Bersepeda
Dan yang tak boleh dilupakan adalah pemandangan matahari terbenam atau sunset di pantai Pulau Sikuai ini. Sunset di pulau ini sungguh indah, karena memang pulau ini berada di sebelah barat Pulau Sumatera, sehingga pemandangan ketika matahari terbenam tidak terhalangi oleh apapun. Terlihat matahari berwarna kemerahan tatkala akan pergi dari pandangan kita.

Untuk mencapai Pulau Sikuai ini cukup mudah. Dari Pelabuhan Muaro Padang bisa ditempuh selama 45 menit saja dengan menggunakan kapal. Atau dari Dermaga Airud Bungus dalam waktu 35 menit saja.

Bila sobat ingin ke pulau ini, ada paket wisata sehari dengan biaya Rp 250 ribu/orang yang dikelola oleh PT Abadi Wijaya yang sekarang mengelola New Sikuai Island Resort. Dengan paket ini, dari Padang pengunjung akan berangkat dari Pelabuhan Muaro Padang pada pukul 10.00 pagi naik speed boat yang telah disediakan dan sore harinya pulul 16.00 sudah harus kembali dari Pulau Sikuai ke Pelabuhan Wisata Bahari di Padang.

Peta
Namun bila sobat ingin menginap di Pulau Sikuai untuk menikmati panorama sunset yang begitu indah, sobat harus mengeluarkan uang sebesar Rp 600 ribu - Rp 4 juta permalam. Cukup mahal memang tapi untuk liburan akhir tahun rasanya harga itu masih bisa dimaklumi. Tertarik berlibur ke Pulau Sikuai?!.

Share :

Facebook Twitter Google+

6 Responses to "Pulau Sikuai, Padang Liburan Tahun Baru 2013 Yang Asyik"

  1. 600 rb permalam itu bebas orang? maksud saya boleh berapa aja org ny yg d dalam kamarny?

    ReplyDelete
  2. rasanya kamar tu bisa muat 3/4 orang aja..

    ReplyDelete
  3. bagu sekali kunjuanngan balik om http://pariwisatasumaterabarat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Dsana ada paket liburan gak?
    Kalau ada untuk perpasangan atau perorangan?
    Berapa anggaran dana nya?

    ReplyDelete
  5. menarik ni dikunjungi, kalau dari jogja habis biaya berapa ya?

    ReplyDelete