Wisata Pulau Maratua, Surga Para Penyelam

2:03 PM
Pulau Maratua merupakan salah satu dari beberapa pulau yang ada di Kepulauan Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahan pulau Maratua tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya seperti pulau Derawan, pulau Sangalaki dan pulau Kakaban. Pemandangan bawah laut di pulau Maratua ini sudah sangat terkenal di kalangan para penyelam profesional dan merupakan surga bagi mereka.

Di bandingkan dengan ketiga pulau diatas, pulau Maratua memiliki area yang paling luas dan paling besar yaitu 2.282 hektar. Konon Pangeran William dari Inggris pernah berkunjung ke pulau ini dan menginap selama 2 minggu. Suami dari Kate Middleton itu memang pecinta olahraga menyelam, dan di pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Hanya dengan menyelam sedalam 2 meter, kita sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya.

Air Yang Jernih
Keindahan alam di Pulau Maratua bak lukisan sang maestro dunia. Warna kemerahan di ufuk barat membuat  horizon pesisir pulau begitu indah. Ditambah jernihnya air laut laksana hamparan kaca membuat pulau ini seperti surga yang jatuh ke bumi. Selain itu didalam pulau ini terdapat 2 buah danau yaitu Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.

Berenang Dengan Penyu
Bagi para penyelam baik pemula maupun profesional, pulau ini merupakan tempat wajib untuk dikunjungi. Disini pengunjung atau penyelam bisa menyaksikan penyu - penyu yang tinggal dan bertelur di pulau ini. Wisatawan bahkan bisa memberi makan penyu - penyu itu di laut yang tidak begitu dalam dan berair jernih sambil berfoto ria tentunya.

Resort Di Atas Air
Terdapat beberapa buah penginapan semacam resort tradisional yang dibangun di lepas pantai atau diatas air. Dari sebuah resort lepas pantai, pemandangan sunset, tampak memukau. Pesona inilah yang membuat pelancong betah berlama-lama duduk di teras resort di Maratua. Bahkan kenikmatan memandang laut lepas bisa dirasakan sepanjang hari, ditemani kopi dan santapan seafood segar. Namun karena listrik belum masuk ke pulau ini, maka fasilitas listrik menggunakan tenaga matahari.

Pulau Maratua
Untuk menuju ke lokasi Pulau Maratua ini diperlukan waktu yang cukup lama. Dari Balikpapan bisa naik pesawat  ke Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau. Dilanjutkan lagi dengan menyewa speedboat menuju ke pulau Maratua dengan waktu tempuh 3-4 jam.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

11 comments

benar-benar surga dunia sob..
jernih bgt air'a :)

Balas

sungguh indah ya mas... heemm pengen berenang dengan Penyu nih.

Balas

Indonesia memang indah sob....

Balas

admin juga pengen sob....enak kalee ya...

Balas

sungguh indah pemandangan bawah lautnya, apalagi airnya, wuih... indah bener ... :)

Balas

memang tiada duanya gan, trims komennya ya...

Balas

waw..keren..jernih bersih..bagus banget..pengen deh berenang di situ...hehe:)

Balas

Kalau dapat pergi pasti keren! :D

Balas

iya, sama2 sobat.. tpi bener indah, sayangnya jauh yah, kalo deket aku pasti wisatanya ke situ deh hehehe....

Balas

asli tempatnya itu jauh lebih indah dri yg di foto.. bagi yg belum ksana gw saranin wajib ksana.. jauhnya perjalanan sepadan dengan apa yg elo lihat nanti... maratua so beautiful guys

Balas