Air Terjun - Curug Malela, Jawa Barat

Air Terjun - Curug Malela, Jawa Barat

Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun. Curug Malela berarti Air Terjun Malela. Adalah salah satu dari banyak curug atau air terjun yang ada di Jawa Barat. Air terjun ini terletak di kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, sekitar 3 jam perjalanan dari Cimahi bila melalui jalur Cililin.

Curug Malela ini bisa dibilang mirip dengan air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat. Bentuknya berundak-undak, melebar sekitar 50 meter dengan ketinggian air terjun 40 meter, pokoknya sangat seru deh khususnya bagi para pecinta alam. Air di curug ini berasal dari hulu sungai di lereng Gunung Kendeng. Air sungai ini bermuara ke Cisokan.

Dilihat Dari Jauh
Di lokasi air terjun Malela, bia sobat beruntung akan menjumpai beberapa monyet ekor panjang yang sedang minum air di curug ini, dan memang monyet-monyet itu menghuni areal Curug Malela tersebut. Curug Malela ini ramai dikunjungi saat hari libur ataupun akhir pekan. Namun sayang belum ada warung atau penjual makanan di lokasi ini serta belum adanya toilet untuk mendukung objek wisata ini.

Curug Malela
Untuk masuk ke lokasi air terjun ini, pengunjung hanya membayar Rp 2.000/kendaraan itupun untuk biaya parkir. Sangat murah jika dibandingkan dengan apa yang kita dapatkan nantinya.

" Niagara Mini "
Jalur yang ditempuh untuk menuju ke lokasi curug ini relatif atau bisa dibilang sangat melelahkan, karena jalan yang dilalui masih berupa tanah dan bebatuan sehingga membutuhkan tenaga dan kondisi kendaraan yang prima untuk melaluinya. Belum lagi bila terjadi hujan, jalanan akan becek dan berlumpur sehingga harus ekstra hati-hati.

Jalanan Liar
Setelah melewati jalanan yang ganas dan liar itu, kita masih harus berjalan kaki atau trekking sejauh 2 kilometer atau selama 30 menit - 1 jam untuk mencapai lokasi air terjun. Kita harus melewati anak tangga dan jalan setapak yang cukup melelahkan.

Namun setelah kita sampai di lokasi curug, rasa lelah langsung hilang karena pemandangan yang disuguhkan amatlah menakjubkan. Disini pengunjung bisa sekadar berbasah-basahan atau berenang bagi yang memiliki nyali besar, karena arus air disini sangatlah deras dan dalam sekali.

Sebagai saran, bila sobat berkunjung kesini waktu musim penghujan harap berhati-hati, karena pernah terjadi banjir bandang di curug ini waktu hujan dan menimbulkan korban jiwa. Tapi kalau musim kemarau, air terjun ini aman-aman saja kok.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog