Kumpang, Sarung Untuk Mandau

12:55 PM
Setelah sebelumnya saya telah memposting Mandau, sebagai senjata tradisional Suku Dayak, tidak lengkap kiranya kalau tidak menyertakan postingan ini. Semua senjata tajam pasti punya sarung untuk menyimpannya bila sedang tidak digunakan. Begitu juga dengan mandau. Mandau juga memiliki sarung yang bernama Kumpang.

Kumpang mandau merupakan tempat masuknya mata atau bilah mandau yang biasanya dilapisi oleh tanduk rusa. Pada kumpang mandau diberi tempuser undang, yaitu ikatan yang terbuat dari anyaman rotan.

Mandau Dan Kumpang
Pada bagian depan kumpang dibuat sebuah sarung kecil tempat menyimpan Langgei Puai. Langgei Puai adalah sejenis pisau kecil sebagai pelengkap mandau. Panjang tangkainya sekitar 20 cm dari mata langgei, bentuknya lebih kecil daripada tangkainya. Fungsi dari langgei puai adalah untuk menghaluskan atau membersihkan benda-benda, contohnya rotan. Sarung atau kumpang langgei selalu melekat pada kumpang mandau sehingga dapat dikatakan bahwa antara mandau dan langgei puai adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

4 comments

kunjungan sore.. untuk mempererat silaturahmi

Balas

wah..
keren nih infonya, bermanfaat sekali.

#Salam sukses dari saya

Balas

trima kasih kunjungannya sobat...

Balas

sekedar berbagi informasi aja gan, trima kasih kunjungannya...

Balas