Air Terjun Bantimurung, Sulawesi Selatan

Air Terjun Bantimurung, Sulawesi Selatan

Air Terjun Bantimurung adalah sebuah objek wisata yang berada di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Propinsi Sulawesi Selatan. Air terjun yang terletak di kawasan Taman Nasional Bantimurung ini merupakan objek wisata favorit masyarakat Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 50 km dari Kota Makassar dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari Makassar.

Air terjun Bantimurung memiliki tinggi 15 meter dan lebar 20 meter. Airnya jernih dan meluncur deras dari atas gunung batu ke bawah. Di bawah terdapat tempat berendam atau mandi yang memiliki dasar batu kapur yang keras dan tertutup lapisan mineral akibat aliran air yang terus menerus selama ratusan tahun. Memang kawasan wisata ini dikelilingi bukit-bukit kapur dan karang raksasa yang berdiri dengan kokohnya.

Arung Jeram Mini
Di lokasi ini, selain mandi dan berendam kita bisa menikmati aktivitas yang lain yaitu " Arung Jeram Mini ". Dikatakan mini karena jalur yang digunakan sangat pendek, ya di aliran air terjun ini. Pengunjung bisa meluncur ke bawah dengan menggunakan ban dalam mobil ala arung jeram yang sebenarnya. Dengan membayar 5 ribu - 10 ribu rupiah untuk biaya sewa ban, kita bisa menikmati sensasi arung jeram ala Bantimurung.

Keren
Selain itu di sebelah kiri air terjun terdapat sebuah tangga setinggi 10 meter yang merupakan jalan menuju dua buah gua yang ada disini yaitu Gua Mimpi dan Gua Batu yang memiliki panjang atau kedalaman gua mencapai 1500 meter dengan dihiasi ornamen-ornamen alami yang menakjubkan.

Air Terjun Bantimurung
Satu lagi yang tak kalah menariknya di lokasi wisata ini adalah Kupu-Kupu. Di Taman Nasional Bantimurung merupakan habitat dari berbagai spesies kupu-kupu yang terkenal sampai ke mancanegara. Bahkan penjajah Belanda dulu menjuluki kawasan wisata ini dengan nama Kingdom Of Butterfly.

Ramai Pengunjung
Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini antara lain guest house, kolam renang, shelter, baruga bantimurung, loket, pintu gerbang, pusat informasi, toilet, toko souvenir, rumah makan dan lain-lain. Untuk tiket masuk ke air terjun Bantimurung sebesar Rp 5.000/orang.

Nama Bantimurung sendiri berasal dari dua kata dari bahasa setempat yaitu "benti" yang berarti "air" dan "merrung" yang berarti "gemuruh", karena suara yang dihasilkan dari air terjun ini bergemuruh. Sehingga seiring perkembangan jaman nama "bentimerrung" lama-kelamaan berganti lafal menjadi Bantimurung.




12 comments:

  1. pagi-pagi mandi di air terjun bantimurung kayanya seger nih sob :)

    ReplyDelete
  2. wah enak kalau bisa mandi di sini air terjunnya menyenangkan

    ReplyDelete
  3. Jadi kepengen kesana nih rasanya..hiiii..tolong do'a aza ya bang Billy..hahaaahyyyy

    ReplyDelete
  4. cantik sekali pemandangannya.

    kunjungi blog aku lagi ya sobat.

    ReplyDelete
  5. kebetulan sekali gan taman wisata bantimurung sering saya datangi diakhir pekan, soalnya dekat sih

    www.andisyam.web.id

    ReplyDelete
  6. icah@ iya aku doakan bang icah..aamiin...
    tia@ trima kasih kunjungannya...ditunggu kunjunganku ya...
    andi@ wah enak dong bisa sering2 kesana...

    ReplyDelete
  7. Wow keren banget, cuma modal 5rb sudah bisa liat air terjun seperti itu..
    Tapi saya di Jawa, mau ke sana biayanya mahal :(

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog