Danau Ranau, Terbesar Kedua Di Sumatera

10:03 AM
Danau Ranau adalah sebuah danau indah yang menjadi salah satu daya tarik wisata Propinsi Lampung atau pun Propinsi Sumatera Selatan. Danau Ranau ini merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba yang eksotis itu. Namun keindahan Danau Ranau ini tak kalah dengan Danau Toba di Sumatera Utara itu.

Danau Ranau nan indah ini berada di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Propinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan, sekitar 31 kilometer Kota Liwa atau 342 kilometer dari Kota Palembang, Ibukota Propinsi Sumatera Selatan.

Danau Ranau
Danau yang terbentuk dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi ini memiliki luas sekitar 126 kilometer persegi. Sungai yang pada mulanya mengalir di kaki gunung berapi itu menjadi sumber air yang mengisi cekungan tersebut, sehingga lambat laut cekungan tersebut menjadi besar dan berubah menjadi danau seperti sekarang ini. Pada waktu itu di sekeliling danau ditumbuhi tanaman liar dan tumbuhan semak yang oleh penduduk setempat disebut ranau, sehingga danau itupun diberi nama Danau Ranau.

Latar Gunung Seminung
Pemandangan di danau ini begitu indah. Air danau yang jernih , udara yang sejuk dengan latar belakang Gunung Seminung - sisa dari gunung api yang meletus tersebut - membuat tempat ini cocok sekali sebagai tujuan untuk berlibur. Danau Ranau ini juga merupakan tempat para nelayan untuk mencari ikan. Jenis-jenis ikan di danau ini antara lain, ikan mujair, ikan kepot, ikan kepiat, ikan harongan.

Air Terjun Danau Ranau
Satu lagi yang unik di danau ini yaitu ditengah danau terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Marisa. Selain itu terdapat sumber air panas di sekitar danau yang sering digunakan oleh para wisatawan yang datang. Ada juga air terjun yang bisa sobat kunjungi bila berada di danau Ranau ini.

Lokasi Danau Ranau ini bisa ditempuh selama kurang lebih 7 jam dari Kota Palembang, atau bila dari Bandar Lampung bisa melewati Bukit Kemuning dan Kota Liwa. Semua jalan sudah beraspal jadi perjalanan  sobat akan terasa nyaman.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments

Gak kalah indahnya dengan danau toba :)

Balas