Pantai Plengkung, G-Land - Lokasi Surfing Terbaik Dunia

Pantai Plengkung, G-Land - Lokasi Surfing Terbaik Dunia

Pantai Plengkung merupakan salah satu dari tujuh dari lokasi surfing terbaik di dunia. Pantai Plengkung bagi masyarakat umum mungkin kurang terkenal atau masih asing di telinga. Masyarakat lebih mengenal pantai Kuta di Bali atau Pantai Senggigi di Lombok daripada pantai ini. Namun bagi para peselancar profesional atau peselancar dunia, pantai Plengkung sudah sangat tak asin lagi bagi mereka. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa pantai ini merupakan surga bagi para peselancar profesional.

Pantai Plengkung terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang berada di Banyuwangi. Pantai ini merupakan tempat favorit para surfer karena memang memiliki ombak yang sangat tinggi. Ketinggian ombak di pantai bisa mencapai 6 - 8 meter dengan panjang 2 kilometer. Bahkan di pantai ini juga pernah diadakan lomba selancar internasional Quicksilver Pro surfing Championship pada tahun 1995-1997. Itu membuktikan bahwa pantai Plengkung ini memang berkelas dunia.

Surfer
Nama G-Land sendiri diambil dari nama teluk yang ada disana yaitu Teluk Grajagan. Namun ada juga yang menyebutkan huruf "G" pada kata G-Land berarti Great karena ombaknya yang besar, dan diambil juga dari kata Green karena berada di kawasan hutan.

Teluk Grajagan
Ombak di pantai Plengkung dibagi menjadi 3 tingkatan. Pertama untuk tingkat profesional dengan ketinggian ombak 6-8 meter. Tingkat sedang dengan ketinggian ombak 5-6 meter. Dan tingkat pemula 3-4 meter. Waktu terbaik untuk surfing di pantai ini adalah pada bulan Juli - September karena pada bulan-bulan ini ketinggian ombak mencapai puncaknya. Sebagian besar pengunjung di pantai ini adalah turis asing yang kebanyakan seorang peselancar baik pemula maupun profesional.

Ombak Di Pantai Plengkung
Selain Pantai Plengkung, sobat bisa menikmati pemandangan alam Taman Nasional Alas Purwo yang indah dengan beraneka ragam satwa yang hidup liar disana seperti monyet liar, burung merak, banteng dan berbagai jenis tumbuhan. Di Taman Nasional ini terdapat beberapa Goa yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Istana yang memiliki sumber mata air "Sendang Srengenge" yang memiliki membuat awet muda.

Peta Banyuwangi
Untuk mencapai Pantai Plengkung, bila kita berangkat dari Kota Surabaya, kita menuju ke Kota Banyuwangi. Dari Banyuwangi menuju ke arah selatan melewati kecamatan Rogojampi, kecamatan Srono, kec. Muncar, kec. Tegaldlimo, dari Banyuwangi ke Tegaldlimo bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Dari Tegaldlimo lanjut kearah Taman Nasional Alas Purwo sekitar 1/2 - 1 jam. Sampai di pos Perhutani T.N Alas Purwo, kita harus menyewa mobil Jeep untuk sampai ke pantai dengan biaya sewa sekitar Rp 250.000. Atau kalau pengen trekking bisa juga dan lebih asyik lagi.




1 comments:

  1. Kak, apa ada informasi tentang tour , guide penginapan dan semacamnya

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog