Pantai Matras Nan Eksotis, Bangka

Pantai Matras Nan Eksotis, Bangka

Pantai Matras. Pulau Bangka sangat kaya akan wisata pantai yang elok dan eksotis. Selain Pantai Tanjung Pesona dan Pantai Parai Tenggiri yang sangat indah itu, ada satu pantai lagi yang tak kalah cantiknya yaitu Pantai Matras.

Pantai Matras letaknya berada tidak jauh dari Pantai Parai Tenggiri. Pantai Matras terletak di kampung Sinar Baru, Kecamatan Sungaliat, Kabupaten Bangka. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari bandara Depati Amir, Pangkalpinang untuk sampai ke pantai Matras. Dari segi keindahan, pantai ini sangat bersaing dengan pantai tetangganya yaitu Pantai Parai Tenggiri.

Hamparan Pasir Putih
Seperti pantai-pantai di Bangka yang lain, pantai ini memiliki pasir pantai yang putih bersih yang menghampar sejauh 3 kilometer panjangnya. Pantainya landai dengan lebar 20-30 meter. Pantai Matras ini sangat luas, lebih luas dari Pantai Parai Tenggiri maupun Pantai Tanjung Pesona. Di sepanjang pinggir pantai, ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang membuat suasana menjadi teduh dan nyaman.

Gugusan Batuan Besar
Di ujung kiri dan kanan pantai dibatasi oleh gugusan batuan besar yang tersusun tak beraturan menambah keunikan pantai ini. Biasanya pengunjung banyak yang memanfaatkan pantai ini untuk berenang atau bermain air, karena air lautnya yang jernih, berwarna biru kehijauan. Karena keindahan pantai dengan pasir putih , birunya air laut, gugusan batu besar dan rindangnya pohon kelapa, maka tak jarang orang menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Surga.

Mata Air Tawar
Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya sumber mata air tawar yang keluar dan membentuk sebuah kolam. Dari kolam itu air mengalir keluar menjadi seperti aliran sungai kecil yang menuju ke laut. Banyak anak-anak kecil dan orang dewasa yang berenang di kolam ini untuk membersihkan tubuh dari air laut dan pasir pantai yang menempel di badan.

Berenang
Untuk menuju ke lokasi sangatlah mudah. Jalannya mulus dan beraspal dengan pemandangan menuju pantai yang bagus. Jalanan menuju Pantai Matras sendiri sudah menunjukkan keindahannya. Jalan ini diapit dengan rimbunnya pepohonan kelapa di sisi kanan dan kirinya. Pohon-pohon kelapa ini tersusun rapi seperti membentuk barisan dengan hamparan rumput hijau seperti karpet yang menutupi pasir pantai.

Pantai Matras
Tiket masuk ke pantai ini cukup murah, sebesar Rp 5.000 per mobil atau Rp 2.000 per orang bila menggunakan motor atau jalan kaki. Karena harga tiketnya yang murah, tak heran bila pantai ini lebih ramai pengunjungnya dibandingkan dengan Pantai Parai Tenggiri yang tiket masuknya Rp 25.000.

Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Bangka Belitung yang banyak dijual di sepanjang jalan menuju pantai ini. Oleh-oleh yang sering dibeli oleh wisatawan adalah keripik telor cumi (kricu), sambelingkung, getas, rusip, dll. Ada juga yang membeli belacan atau yang sering kita sebut terasi.




16 comments:

  1. Replies
    1. mungkin foto ini diambil saat hari biasa tia (ngeles aja)...trims ya komennya....

      Delete
  2. Mata air tawarnya itu kalau boleh tau keluarnya dari gunung atau gimana soB .... ??

    ReplyDelete
  3. Foto" di atas membuat ane semakin penasaran sama pantai gan.

    ***paling deket pantai ancol aja blm pernah. haha ngenes :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sob...di kotaku surabaya gak ada pantai secantik ini....

      Delete
  4. Replies
    1. langsung berangkat hari minggu sob....

      Delete
  5. wah ini keren sobat, pantai pasir putihnya panjang sekali ya

    www.andisyam.web.id

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. trima kasih kunjungannya bang herman....

      Delete
  7. Kunjungan perdana, salam kenal.... sukses sllu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya sob, sering2 mampir ya....

      Delete
  8. Buat latihan berselancar asyik tuh tempatnya.

    ReplyDelete
  9. Oh; simple, super & marvelous post. I am so delighted to view this. Thanks...



    ubud tour and travel

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog