Air Terjun Sekar Langit, Legenda Jaka Tarub Di Magelang

Air Terjun Sekar Langit, Legenda Jaka Tarub Di Magelang

Air Terjun Sekar Langit. Sebagian besar orang pasti pernah mendengar legenda Jaka Tarub, seorang pemuda yang dengan iseng mencuri selendang seorang bidadari dari langit yang sedang mandi di bumi. Karena selendangnya dicuri maka sang bidadari tidak bisa kembali ke kahyangan dan harus hidup di bumi ini. Nah, di bawah air terjun inilah sang bidadari cantik itu sedang mandi bersama bidadari-bidadari yang lain dalam kisahnya.

Air Terjun Sekar Langit terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini berasal dari puncak Gunung Telomoyo karena memang air terjun ini berada di lereng gunung tersebut. Gunung Telomoyo sendiri membatasi Kota Magelang dengan Salatiga.

Air Terjun Sekar Langit
Belum banyak yang tahu atau mengenal dengan baik air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter ini. Karena itulah kawasan air terjun ini masih sangat asri dan alami. Setelah memarkir kendaraan di area parkir yang beralaskan tanah, pengunjung harus membeli tiket masuk sebesar Rp 2.000.orang. Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan sebuah jembatan sejauh 200 meter dari pintu masuk. Suasananya sangat sunyi, terdengar hanya kicauan burung liar dan gemuruh air yang jatuh.

Jembatan Menuju Air Terjun
Suasananya sangat sepi, tidak terlihat sampah berserakan, itu menandakan masih minimnya pengunjung di air terjun ini. Namun hal inilah yang menjadikan air terjun ini masih terjaga keasriannya. Kesegaran air disini tidak diragukan lagi, membuat siapa saja tak kuasa untuk segera bermain-main di bawah air terjun ini.

Air terjun ini dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit - penyakit ringan seperti gatal-gatal hingga penyakit kronis. Bagi para perempuan, air terjun ini berkhasiat untuk menambah aura kecantikan dan memperbesar payudara. Caranya dengan mandi di bawah air terjun, air yang turun dari atas terjun harus langsung menyentuh bagian payudara, sebelum air tersebut menyentuh bumi.

Legenda Jaka Tarub
Sedangkan bagi para pria yang kesulitan masalah jodoh, di air terjun ini sering digunakan sebagai lokasi meditasi pada malam hari, terutama malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon agar cepat mendapatkan jodoh. Semua kembali pada kepercayaan masing-masing. 

Pintu Masuk
Untuk menuju ke objek wisata Air Terjun Sekar Langit ini, dapat di capai dari dua arah.  Arah pertama masuk dari kota Salatiga. Dimana sesampainya di Desa Getasan (sebelum Kopeng), ambil jalan ke kanan hingga pintu gerbang.  Jarak dari desa ini hingga pintu gerbang sekitar 3-4 kilometer.  Sedangkan arah kedua masuk dari kota Magelang melewati daerah Grabag dengan menyusuri perbukitan. Dari kota, Kecamatan Grabag ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10-15 menit saja, dengan pintu masuknya berada di Dusun Dalangan, Desa Pandean Ngablag.




4 comments:

  1. walaupun saya dlu besar di Yogya, tpi blm pernh ke air terjun sekar langit sob hehehe, baru ke borobudur sama taman kyai langgeng, kayaknya mudik taun depan hrs ke Sekar langit nih, mksh infonya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya sekadar berbagi informasi sob, trima kasih komennya ya....

      Delete
  2. Replies
    1. iya sob, tapi sayang kurang promosinya sob...

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog