Pulau Moyo, Taman Buru Dan Wisata Alam Laut, Sumbawa

Pulau Moyo, Taman Buru Dan Wisata Alam Laut, Sumbawa

Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat. Nama pulau ini memang tak setenar Pulau Bali ataupun pulau-pulau indah lain di Indonesia. Namun keindahan dan keasriannya tak kalah dengan pulau-pulau manapun di Indonesia bahkan dunia, bahkan mendiang Putri Diana dari Inggris dan vokalis grup band rock terkenal Rolling Stone, Mick Jagger pernah mengunjungi Pulau Moyo ini.

Pulau Moyo menawarkan liburan alam dan petualangan yang sangat lengkap. Pulau Moyo sendiri terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki luas 32.044 hektar dengan garis pantai sepanjang 88 kilometer. Di pulau ini terdapat 6 buah dusun dengan total penduduk 1.944 jiwa (sensus 2010).

Menuju Pulau Moyo
Pulau Moyo merupakan kawasan konservasi dan ditunjuk sebagai Taman Wisata Alam Laut dan Taman Buru pada tahun 1986. Sebagai Taman Buru bukan berarti semua orang dengan bebas bisa berburu satwa disana, namun sebaliknya, satwa-satwa disini dilindungi oleh Undang-Undang, seperti Kakaktua Kecil Jambul Kuning, Burung Gosong (megapodius), Beo Sumbawa, Elang Bondol dan masih banyak lagi lainnya. Terdapat juga beberapa hewan mamalia, seperti sapi liar, rusa, babi hutan, monyet, dan beberapa jenis kupu-kupu yang hidup di hutan Pulau Moyo ini.

Sudut Pantai Di Moyo
Untuk mencapai pulau ini memang tidak mudah. Dari Kota Mataram, ibukota Nusa Tenggara Barat, menuju ke Pulau Sumbawa. Dari Pulau Sumbawa naik speedboat menuju Pulau Moyo. Membutuhkan waktu selama 8-9 jam dari Mataram menuju Pulau Moyo ini. Bila tidak ingin ribet, bisa menggunakan biro jasa travel yang banyak tersedia di Kota Mataram.

Di pulau ini hanya terdapat satu buah penginapan, yaitu Amanwana Resort. Jangan membayangkan penginapan ini seperti di tempat lain dengan bangunan yang mewah, fasilitas yang lengkap, air panas, jacuzi, atau sarana penunjang lainnya. Memang bukan seperti itu adanya, konsep yang diambil oleh penginapan ini adalah Back To Nature. Disini bangunannya hanya berupa tenda yang dihias sedemikian rupa sehingga memberikan rasa nyaman meskipun sedang bermalam di hutan. 

Jungle Tent Amanwana Resort
Resort ini juga menyediakan 2 jenis tempat menginap dengan pemandangan yang berbeda. Bagi pecinta laut bisa menginap di Ocean Tent dengan desain bangunan yang lebih modern dengan pemandangan laut yang indah, bila ingin merasakan sensasi bermalamdi dinginnya udara hutan bisa memilih Jungle Tent.

Selain menjelajah hutan liar dan menikmati kesejukan alam bebas pulau Moyo, disini banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi, antara lain :

1. Pantai Tanjung Pasir

Tanjung Pasir
Pantai ini terletak di ujung selatan Pulau Moyo. Tanjung ini biasanya dijadikan tempat peristirahatan oleh nelayan sebelum kembali ke daratan. Dari Sumbawa Besar kita bisa menuju ke Tanjung Pasir ini menggunakan perahu motor nelayan dengan waktu tempuh selama 1,5 jam. Disini biasanya pelancong beristirahat di bale sambil menikmati indahnya pantai dan semilir angin yang sepoi-sepoi.

2. Ai Manis
Ai Manis adalah nama pantai di Pulau Moyo dengan hamparan pasir putih yang bersih. Di pantai ini juga terdapat spot diving dan snorkeling yang sangat indah dan merupakan favorit bagi wisatawan asing. Pantai ini bisa ditempuh selama 20 menit dari Tanjung Pasir, atau dari Pantai Kencana, Sumbawa selama 60 menit.

3. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu
Di kawasan air terjun ini terdapat 7 buah kolam, namun kita dilarang untuk mandi. Tapi ada satu tempat khusus yang disediakan untuk aktivitas tersebut. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini bisa ditempuh dari desa Labuan Aji menggunakan ojek selama 20 menit.

4. Poto Jarum
Poto Jarum atau Ujung Jarum merupakan pantai dengan pasir putih dan air laut jernih yang begitu indah. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan berjemur. Untuk menuju ke pantai ini, dari Pantai Kencana menggunakan perahu motor selama 70 menit atau dari Tanjung Pasir yang ditempuh selama 60 menit.

5. Brang Sedo
Merupakan kawasan pantai yang sangat cocok untuk tempat berkemah. Jadi bagi para pengunjung dengan budget terbatas, jangan lupa untuk membawa tenda dan bermalam di pantai ini, karena bilsa sobat ingin menginap di Amanwana Resort biaya yang harus dikeluarkan sekitar USD 700 per malam, wowww. Selain berkemah, di pantai ini juga sangat cocok sebagai lokasi diving dan snorkeling karena air lautnya yang sangat jernih dan keindahan terumbu karangnya yang masih terjaga. Untuk menuju ke pantai ini, menggunakan perahu motor dari Pantai Kencana, Sumbawa selama 60 menit atau dari Tanjung Pasir selama 70 menit.

Sayangnya masih sangat sedikit wisatawan lokal yang berkunjung ke pulau ini, kebanyakan pengunjung di pulau ini adalah turis asing yang berasal dari Eropa.




7 comments:

  1. kunjungan siang genk.. ane tunggu knjung balik nya genk'y,

    ReplyDelete
  2. WOW Pemandangan yang indah,kapan yah saye bisa kesana,hehe
    Selamat petang kawan,terus berkarya and tetap semangat,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya bang, salam sukses selalu....

      Delete
  3. Subhanallah, Indah banget. Indonesia ternyata punya yang begini, jadi pengen liburan kesana. Exelent share

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Indonesia semua ada sob...terima kasih kunjungannya...

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog