Pesona Pantai Popoh, Tulungagung

Pesona Pantai Popoh, Tulungagung

Objek Wisata Pantai Popoh. Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki beberapa objek wisata yang cukup menarik seperti Bendungan Wonorejo dan wisata Pantai Popoh. Pantai Popoh merupakan objek wisata andalan kabupaten ini. 

Pantai Indah Popoh terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Tulungagung dan bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan. Pantai Popoh ini berbentuk teluk yaitu laut yang menjorok ke darat dan berada di timur Pegunungan Kidul.

pantai popoh
Pantai Popoh
Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal ganas ombaknya. Namun di Pantai Popoh ini ombaknya relatif tenang. Sebenarnya Pantai Popoh terbagi menjadi 2 bagian. Pertama di sebelah timur dengan kondisi pantai penuh batu karang dan ombak yang ganas. Sedangkan di Pantai Popoh sebelah barat ini kondisi pantainya landai dengan ombak yang tidak terlalu besar.

wisata pantai popoh
Perahu Nelayan
Pantai yang berada tidak jauh dari Pantai Sidem dan Pantai Prigi ini berpasir putih kecoklatan dengan dihiasi pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang tepi pantai. Memandang ke tengah laut, terlihat puluhan perahu nelayan yang sedang melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Untuk menuju ke pantai ini cukup mudah, karena akses jalan yang baik dan beraspal. Bila dari Surabaya, sobat bisa mengikuti rute sebagai berikut : Surabaya - Mojokerto - Jombang - Kertosono - Kediri - lalu ke arah pusat Kota Tulungagung.

Sedangkan dari Kota Malang melalui Kepanjen - Wlingi - Blitar - pusat Kota Tulungagung. Dari Tulungagung menuju ke lokasi Pantai Popoh, pengunjung akan melewati daerah perbukitan dengan kondisi jalan menanjak dan berkelok-kelok. Namun jangan kuatir, pemandangan di sepanjang jalan perbukitan ini akan memanjakan mata sobat. Hutan jati yang hijau dan asri membuat perjalanan sobat akan menyenangkan.

pantai popoh
Pendopo
Sampai di pintu masuk kawasan wisata, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 3 ribu per orang ditambah biaya parkir kendaraan. Memasuki kawasan pantai terlihat sebuah joglo atau pendopo yang biasanya digunakan sebagai panggung hiburan seperti electone dan kegiatan lainnya.

Bila ingin bermalam di pantai ini, pengunjung bisa menyewa penginapan berupa hotel atau vila dengan tarif antara Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu per malam. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Tulungagung berupa kerajinan marmer dan kerajinan kerang dengan harga bervariasi mulai Rp 3 ribu - Rp 100 ribu. Bagaimana tertarik untuk liburan di Pantai Popoh ini?.





14 comments:

  1. Replies
    1. iya sob, pantai popoh tulungagung bisa dijadikan tujuan wisata selanjutnya..

      Delete
  2. bagus banget nih wisata pantainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantai popoh merupakan objek wisata andalan tulungagung sob...

      Delete
  3. Kapan saya akan berkunjung kesana bersama keluarga saya jika liburan Nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sob, pantai popoh siap mananti....

      Delete
  4. wah keren-keren info wisata disini sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya sob dan membaca artikel tentang pantai popoh di tulungagung ini....

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Pantai popoh to indah banget.saya ingin rekreasi ke sana beserta keluarga.tapi kira-kira tanjakan,jalan yg berkelok-kelok.aman ndak bagi sopir cewek?

    ReplyDelete
  6. itu pantai popoh tahun berapa yach

    ReplyDelete
  7. mantab bro..ijin share ya...

    ReplyDelete
  8. saya penduduk asli tulungagung. mau berbagi sedikit informasi. jalan nya meman menanjak tapi saya rasa masih cukup aman untuk sopir cewek:) sayangnya pantai ini kurang perhatian jadi fasiilitasnya kurang memuaskan. di kabupaten tulungagung sebenarnya masih banyak pantai yang cantik(perawan) tapi kendalanya ada di jalur yang kurang bersahabat. belum lagi kalau masih harus berjalan untuk menuju ke pantai.

    btw, nice info om. terimakasih sudah mengenalkan pariwisata daerah saya:)

    ReplyDelete
  9. kalo dari nganjuk rute nya gimana?? :o

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog