Cukang Taneuh, Green Canyon Di Jawa Barat Indonesia

Cukang Taneuh, Green Canyon Di Jawa Barat Indonesia

Cukang Taneuh. Ternyata Grand Canyon tidak hanya ada di luar negeri saja. Di Indonesia juga ada grand canyon yang tak kalah indahnya dengan yang ada di luar negeri sana. Kalau di Amerika bernama grand canyon tapi kalau di Indonesia namanya Green Canyon Cukang Taneuh.

Cukang Taneuh terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, dan berjarak sekitar 31 kilometer dari Pangandaran. Cukang Taneuh ini merupakan objek wisata andalan provinsi Jawa Barat. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus goa yang dihiasi oleh stalagtit dan stalaknit yang mengagumkan.

Green Canyon Cukang Taneuh
Aliran sungai ini diapit oleh dua bukit batu yang dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan hijau yang menyuguhkan panorama alam yang sangat khas dan menantang. Di dalam goa disamping kiri kanannya terdapat air terjun kecil menambah keindahan objek wisata ini.

Naik Perahu
Sebenanya arti kata cukang taneuh sendiri adalah jembatan tanah karena di objek wisata ini terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan petani untuk menuju ke kebun. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh orang berkebangsaan Perancis pada tahun 1993.

Untuk mendekati lokasi Cukang Taneuh ini kita harus menyewa perahu motor di dermaga Ciseureuh. Di sepanjang jalan kita bisa menjumpai binatang liar seperti ular, biawak, ataupun melihat penduduk setempat yang sedang sibuk mencari ikan. Perjalanan dari dermaga menuju tempat berlabuh perahu membutuhkan waktu 20 menit saja.

Menyusuri Sungai
Turun dari perahu kita sebaiknya dan menyusuri sungai dengan berenang tentunya dengan menggunakan rompi pelampung yang telah disediakan dengan didampingi oleh pemandu. Perjalanan menyusuri sungai dengan berenang ini sungguh asyik dan menantang. 

Kita bisa melihat keindahan stalagtit dan stalagnit di dalam goa yang dihuni oleh kelelawar. Juga bisa melihat air terjun yang menghiasi goa tersebut. Di sepanjang aliran sungai ini, sobat akan berenang ditemani oleh ikan-ikan kecil di air yang dingin, jernih, dan berwarna hijau ini.

Pintu Masuk
Bagi yang suka menantang adrenalin, bisa mencoba melompat dari batu besar dengan ketinggian 5 meter yang ada disana. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah pada awal-awal musim kemarau, karena bila pada musim hujan ditakutkan arus sungainya deras.

Indah
Selain itu bila sobat berencana berlibur ke tempat ini, sediakan uang tunai yang cukup karena di sekitar objek wisata tidak ada mesin ATM atau kantor bank. Untuk biaya sewa perahu sekitar Rp 75 ribu per perahu yang sudah termasuk jaket pelampung.

Untuk mencapai lokasi objek wisata ini cukup mudah. Bila sobat dari Jakarta bisa mengikuti rute ke arah Jawa Tengah melalui Kota Tasik - Ciamis Kota - Kota Banjar - Pangandaran. Bila dari Jawa Timur atau Jawa Tengah bisa melalui rute Purworejo - Kebumen - Wangon - Banjar - Pangandaran - Ciamis. Tertarik untuk berlibur ke Cukang Taneuh, Green Canyon Di Indonesia?.




6 comments:

  1. di jawa timur kira-kira ada nggak tempat yg mirip seperti ini, mas. soalnya klo ke jawa barat kejauhan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaau di jawa timur kelihatannya gak ada mas budi...

      Delete
  2. kerennn pngn ksna lgi

    ReplyDelete
  3. waktu kecil aku tinggal di kec.cimerak,dan belum dijadikan obyek wisata.bila obyek wisata seperti ini diketahui masyarakat kota semisal jakarta,insyaalloh mereka akan berbondong bondong menuju kesana,dan para pengelolo akan keteteran melayani pengunjung.
    Obyek wisata green canyon akan lebih tepat dinikmati masyarakat perkotaan yang bersuhu panas semisal jakarta,dijamin insyaalloh stress anda akan hilang setelah berkunjung kesana......

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog