Air Terjun Coban Talun, Batu Jawa Timur

Air Terjun Coban Talun, Batu Jawa Timur

Air Terjun Coban Talun. Kota Batu di Jawa Timur ternyata tidak hanya memiliki tempat rekreasi keluarga seperti Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 atau Batu Night Spectacular (BNS) saja, tetapi kota di daerah pegunungan ini memiliki objek wisata berupa air terjun yang sangat cantik. Air Terjun Coban Talun namanya.

Air Terjun Coban Talun terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan pemandangan yang cukup indah. Di sekitar kawasan air terjun didominasi oleh batu-batu besar yang terletak di bawah air terjun.

air terjun coban talun
Air Terjun Coban Talun
Lokasi air terjun Coban Talun ini berada satu kawasan dengan bumi perkemahan Coban Talun yang berada di lereng barat Gunung Arjuna - Welirang. Jadi bila ingin berkunjung ke air terjun ini jangan lupa membawa perlengkapan camping seperti tenda, alat masak, dan sebagainya.

air terjun coban talun
Coban Talun
Menikmati heningnya malam ditemani suara binatang-binatang di hutan dan gemuruh air terjun merupakan salah satu kegiatan yang akan membuat kita lebih dekat kepada Sang Pencipta. Biasanya pengunjung menikmati air terjun ini dengan mandi atau bermain air di kolam dangkal di bawah air terjun.

air terjun coban talun
Indah
Dulu pada tahun 1990an, lokasi air terjun ini sempat populer di kalangan warga Batu dan Malang, namun sekarang kondisinya agak berbeda. Itu terlihat dari beberapa fasilitas yang ada seperti toilet atau kamar mandi yang kelihatan tak terurus. Jumlah warung atau pedagang makanannya pun sekarang nyaris tidak ada. Sangat disayangkan, bahwa alam yang begitu indah ini tidak dimanfaatkan secara serius dan optimal untuk membantu perekonomian warga setempat.

air terjun coban talun
Jalan Setapak
Sepinya pengunjung mungkin yang membuat fasilitas di kawasan wisata ini terbengkalai. Hal itu mungkin dikarenakan lokasi air terjun yang agak sulit dijangkau dan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai lokasi tersebut.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, dari Alun-Alun Batu, sobat bisa menuju ke arah Selecta - Cangar. Perjalanan ini melewati perbukitan yang berkelok-kelok dan menanjak. Dari pintu gerbang lokasi wisata, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer menembus hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi.

Memang perjalanannya sangat menguras tenaga, namun demi menikmati karya indah Sang Pencipta, hal tersebut masih sangat wajar. Tertarik berwisata petualang ke Air Terjun Coban Talun?...






No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog