Pemandian Air Panas Cisolok, Cipanas

Pemandian Air Panas Cisolok, Cipanas

Pemandian Air Panas Cisolok, Cipanas. Wisata alam seperti sumber air panas merupakan salah satu objek wisata yang mungkin bisa sobat kunjungi untuk melepas lelah setelah sepekan beraktivitas. Selain pemandian air panas Ciater, di Provinsi Jawa Barat ini ada satu lagi tempat berendam air panas yang wajib sobat kunjungi yaitu Pemandian Air Panas Cisolok.

Pemandian air panas ini terletak di daerah Sukabumi dan berjarak sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu atau 165 kilometer dari Kota Bandung. Seperti pemandian air panas pada umumnya, air panas Cisolok ini juga menyajikan lokasi pemandian yang cukup unik karena letaknya yang dekat dengan pantai bukan pegunungan.

Pemandian Air Panas Cisolok
Pemandian air panas ini dulunya ditemukan oleh warga kolonial Belanda yang tinggal di Sukabumi dan menjadi tempat favorit para warga Belanda pada saat itu.

Sungai Air Panas
Bila berkunjung kesini, sobat akan melewati sebuah jembatan yang berdiri diatas sebuah sungai. Nah, di tengah-tengah sungai terdapat semburan air panas dengan suhu yang cukup tinggi sekitar 80 derajat Celcius. Pengunjung diharapkan tidak bermain diatas semburan air panas itu. Pengunjung bisa berendam di aliran sungai secara langsung yang memiliki tiga titik semburan air panas.

Semburan Panas
Semua semburan yang ada di sungai tersebut tidak mengandung belerang sama sekali karena panas tersebut berasal dari geyser yaitu air panas yang melewati lapisan kerak bumi.

Kolam Air Panas
Selain berendam langsung di sungai, pengunjung bisa berendam di kolam air panas yang telah disediakan oleh pengelola dengan membayar sebesar Rp 2.500 per orang. Selain kolam air panas umum, disini juga disediakan tempat berendam pribadi berbentuk seperti bath-up dengan tarig Rp 15 ribu per orang bagi sobat yang ingin berendam sendirian. Bila ingin menjalani terapi air panas, disini juga disediakan dengan harga Rp 35 ribu.

Untuk mencapai lokasi pemandian air panas Cisolok ini tidak terlalu sulit. Dari Pelabuhan Ratu ke arah barat melewati area wisata Pantai Karanghawu, Citepus, Cibangban di pesisir Pelabuhan Ratu. Waktu terbaik berkunjung kesini adalah pada waktu awal musim kemarau, karena bila musim hujan, air sungainya akan menjadi keruh.




2 comments:

  1. saya lagi cari yang daerah bogor izin lihat lihat dulu ya

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog