Air Terjun Sidoharjo Yang Masih Perawan, Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo Yang Masih Perawan, Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo, Yogyakarta. Bingung ingin menghabiskan waktu di hari libur atau hari minggu?. Kenapa tidak mencoba berwisata ke sebuah air terjun. Air terjun merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk mencari keheningan dan ketenangan baik sendirian maupun dengan pasangan tercinta.

Di setiap objek wisata air terjun, selalu dipenuhi dengan pengunjung yang kebanyakan adalah anak muda dengan pasangan mereka masing-masing. Memang menikmati keindahan panorama air terjun dengan mandi bersama atau sekadar bermain air memberikan sensasi yang luar biasa pada kisah asmara sobat.

air terjun sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo
Nah, bila sobat bertempat tinggal di daerah Yogyakarta, khususnya Kabupaten Kulon Progo, ada sebuah air terjun yang patut dicoba untuk dijelajahi. Air terjun ini bernama Sidoharjo namun ada juga yang menyebutnya dengan Air Terjun Perawan

air terjun sidoharjo
Sepasang Kekasih (foto : wisata.kompasiana.com)
Air terjun Sidoharjo terletak di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi air terjun ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dari Kota Yogya. Letaknya tak jauh dari lokasi Air Terjun Grojogan Watu Jonggol.

Topografi Kabupaten Kulon Progo yang sebagian besar daerah pegunungan, sangat memungkinkan untuk memiliki objek wisata semacam ini. Air terjun Sidoharjo ini memang belum banyak orang yang tahu sehingga kondisinya masih alami, asri dan bersih dari sampah-sampah.

Air terjun setinggi 75 meter ini mengalir deras ke bawah dari tebing batu cadas dengan tingkat kemiringan 90 derajat. Sehingga air yang jatuh tidak terhalang oleh apapun. Bila ke air terjun ini sebaiknya berkunjung pada musim hujan karena pada saat itu debit air sedang banyak-banyaknya dan memberikan pemandangan yang lebih memuaskan.

air terjun sidoharjo
Megah
Untuk menikmati suasana air terjun yang begitu menenangkan, biasanya pengunjung bermain air atau mandi di kolam penampungan air di bawah air terjun. Airnya begitu dingin dan segar, jadi jangan lupa membawa handuk dan pakaian ganti. Di sekitar air terjun juga terdapat tanaman bunga warna-warni yang sangat cantik.

Selain itu, di lokasi air terjun masih sering terlihat beberapa kera berekor panjang yang menampakkan dirinya diatas tebing batu cadas atau bermain di sekitar air terjun tersebut. Suara kicauan burung liar juga akan menemani liburan sobat di kawasan air terjun ini.

Karena masih alami dan perawan, disarankan untuk membawa perbekalan sendiri seperti makanan dan minuman, atau pun camilan karena tidak ada pedagang yang berjualan disana.

Untuk menuju lokasi air terjun tidak terlalu sulit. Dari Yogya melewati jalan Godean ke arah barat terus saja sampai melewati Sungai Progo kemudian belok ke kanan sampai di Desa Dekso. Dari Pasar Dekso ambil jalan ke arah Samigaluh dengan kondisi jalan yang cukup bagus namun menanjak.

Ikuti saja jalan tersebut hingga menjumpai plang sekolah MTS Sidoharjo di sebelah kanan jalan. Masuklah ke jalan kecil di sebelah plang tersebut kemudian lurus saja sampai menemui MTS tersebut di kiri jalan. sekitar 500 meter dari MTS, sobat akan menjumpai sebuah pos ronda

Nah, di sekitar tempat ini sobat bisa menitipkan kendaraan dengan tarif sukarela, kemudian perjalanan dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki sejauh 500 meter lagi untuk menuju lokasi Air Terjun Sidoharjo.




2 comments:

  1. waaaah baru tau gw kalo kabutpaten ku ada air terjunya keren banget thuuuh ...., apalagi tngginya smpe 75m lumayan tinggi broo !!!

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog