Objek Wisata Di Gunungkidul

Objek Wisata Di Gunungkidul

Objek atau tempat wisata di Gunungkidul. Mungkin masih banyak warga Indonesia yang belum mengetahui keindahan alam yang ada di Gunungkidul. Bila di berita-berita televisi, Gunungkidul sering diinformasikan sebagai tempat yang kering dan tandus, pada kesempatan ini aku akan menyajikan sisi lain dari Kabupaten Gunungkidul ini.

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta. Di balik kondisi alamnya yang sebagian besar memang kering dan kekurangan air, ternyata Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak objek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah tempat atau objek wisata di Gunungkidul yang wajib sobat kunjungi :


Pantai Ngobaran
Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Pantai ini berpasir putih dengan ciri khas yaitu sebagian pantai diselimuti oleh rumput laut sejenis alga yang berwarna hijau. Di pantai ini juga terdapat pura yang berada di atas bukit karang.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Nama asli pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal. Indrayanti diambil dari nama sebuah restoran yang berada di pantai tersebut. Pantai Indrayanti terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Kondisi pantai yang sangat bersih dengan pasir putihnya membuat pantai ini menjadi objek wisata favorit di Gunungkidul.

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Letak pantai Pok Tunggal berada tidak jauh dengan Pantai Indrayanti yaitu di Kecamatan Tepus. Ciri khas pantai ini adalah adanya sebuah pohon yang berdiri sendirian di tepi pantai. Pohon itu selalu dijaga oleh warga setempat. Seperti pantai lainnya, Pantai Pok Tunggal juga memiliki pasir pantai yang berwarna putih bersih.

4. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang merupakan salah satu objek wsiata petualangan yang ada di Gunungkidul. Pemandangan di dalam goa berupa sinar matahari yang masuk ke dalam membuat siluet yang sangat indah. Goa Jomblang terletak di Desa Jetis, Kecamatan Semanu, Gunungkidul sekitar 50 kilometer dari Yogyakarta.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Air terjun Sri Gethuk terletak di desa wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Air terjun ini memiliki panorama yang sangat indah. Untuk menuju ke lokasi air terjun kita harus menyusuri sebuah sungai menggunakan perahu rakit yang terbuat dari papan dan drum bekas.

6. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Pantai Ngandong memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pasir putih pantai yang bersih dipadu dengan jernihnya air laut membuat pantai ini sangat pantas sebagai lokasi berlibur. Letak pantai ini berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

Selain keenam objek wisata diatas, sebenarnya masih banyak lagi tempat yang bisa digunakan sebagai lokasi liburan sobat antara lain Pantai Sundak, Pantai Siung, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Kukup dan lain sebagainya. Demikian postinganku yang berjudul Objek Wisata Di Gunungkidul, semoga bisa menjadi referensi sobat untuk menikmati liburan.




1 comments:

  1. saya lebih tertari ke goa jomblang, terimakasih info nya :)

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog