Indahnya Pantai Carocok, Sumatera Barat

Indahnya Pantai Carocok, Sumatera Barat

Pantai Carocok merupakan salah satu objek wisata andalan propinsi Sumatera Barat. Pantai Carocok berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatera Barat, tepatnya di sebelah barat kota Painan dan berjarak 77 kilometer dari Kota Padang yang bisa ditempuh selama 1,5 jam perjalanan. Letaknya yang mudah dijangkau membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, apalagi pada saat musim liburan atau akhir pekan.

Perjalanan menuju pantai ini pun bisa sobat nikmati keindahannya. Dari pusat kota Painan, kita akan melewati jalanan sejauh 2 kilometer dengan kondisi jalan berkelok-kelok dan mendaki karena memang melewati perbukitan. 

Pantai Carocok
Di sepanjang jalan perbukitan, kita akan disuguhkan pemandangan hutan tropis di sebelah kiri jalan berpadu dengan ladang milik warga setempat yang diantaranya ditanami dengan pohon durian, sedangkan di sebelah kanan jalan, pemandangan Samudera Hindia terhampar di depan mata.

Jembatan Kayu
Setelah puas menikmati perjalanan yang menyenangkan, setibanya di Pantai Carocok, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang berpasir bersih ini. Di tepi pantai ini ditumbuhi pohon-pohon besar yang rimbun membuat suasana lebih teduh. Terdapat juga kedai atau warung penjual makanan dan minuman serta toilet yang terawat dengan baik di tepi pantai Carocok ini.

Jembatan Menuju Pulau Batu Kereta
Di pantai ini terdapat jembatan - jembatan berbahan kayu yang cukup panjang yang menghubungkan antara tempat satu dengan tempat lainnya. Salah satunya adalah Pulau Batu Kereta. Dengan melalui jembatan kayu ini kita bisa sampai ke Pulau Batu Kereta. Dahulu untuk menuju pulau ini, kita harus menunggu air laut surut, namun saat ini kapanpun kita bisa kesana.

Pulau Cingkuk Dari Jauh
Selain Pulau Batu Kereta tersebut, pengunjung bisa menyeberang ke sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Cingkuk dengan menggunakan perahu nelayan dengan ongkos 10 ribu rupiah saja. Di pulau Cingkuk ini terdapat sebuah benteng peninggalan Portugis pada saat penjajahan dulu.

Selain melihat - lihat benteng peninggalan Portugis tersebut, di Pulau Cingkuk ini kita bisa menikmati keindahan laut dengan memancing, berenang, atau pun snorkeling melihat ikan warna-warni yang terlihat jelas di dalam air maupun diatas permukaan air laut.

Untuk akomodasi, di kota Painan terdapat beberapa penginapan yang bisa sobat pilih, serta terdapat juga  beberapa rumah makan khas Padang dan rumah makan lainnya.




9 comments:

  1. wow... muanteeep banget mudah2an ku segera bisa kesana

    ReplyDelete
  2. Nice Info sobat... Blog semacam ini Memang sangat dibutuhkan untuk menarik wisatawan ke tempat wisata yang indah2....

    ReplyDelete
  3. Artikel yg sangat bagus dan patut di acungi banyak jempoll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk banyak jempolnya sob....

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog