Pantai Swarangan Di Kalimantan Selatan

Pantai Swarangan Di Kalimantan Selatan

Kalimantan tidak hanya kaya akan tambang batubara dan hutannya yang lebat, namun juga kaya akan objek wisata yang indah dan menarik, salah satunya adalah Pantai Swarangan. Pantai Swarangan terletak di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 117 kilometer dari Kota Banjarmasin dan bisa ditempuh selama 3-4 jam perjalanan.

Meskipun tidak seindah seperti pantai-pantai yang ada di Bali ataupun Pulau Lombok, namun pantai ini bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga di akhir pekan bagi sobat yang berada atau tinggal di Kalimantan Selatan dan sekitarnya. 

Pantai Swarangan
Pantai Swarangan ini memiliki pasir pantai yang berwarna kecoklatan yang landai namun pantainya cukup bersih yang dihiasi dengan pohon bakau, pohon pinus dan semak-semak yang tumbuh ditepi pantai. Terdapat juga beberapa tempat peristirahatan berupa gazebo meskipun dengan kondisi yang seadanya. Air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama pantai ini.

Menyusuri Pantai
Di pantai sepanjang 1 kilometer ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berenang, berjemur, mencari kerang, dan selancar. Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk surfing. Waktu terbaik berkunjung di pantai ini adalah pada pagi hari, karena di pantai ini kita bisa melihat matahari terbit atau sunrise

Matahari Terbit
Untuk menuju ke lokasi ini sebenarnya mudah, namun kondisi jalan sepanjang 10 kilometer menuju pantai ini sedikit rusak, jadi membuat  perjalanan sedikit tidak nyaman. Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 30.000/mobil, cukup mahal mungkin.

Tak Terawat
Sayang pantai ini terkesan tidak terawat bahkan sehanya dibiarkan, itu terlihat dari minimnya sarana yang ada seperti toilet, musholla dan fasilitas lainnya. Juga beberapa gazebo yang tak terawat dengan baik dan rusak. Semoga pemerintah setempat lebih memperhatikan pantai ini sehingga di kemudian hari lebih banyak fasilitas dan sarana yang ada dan menjadikan pantai ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan.




2 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog