4 Kebun Raya Terbesar Di Indonesia

4 Kebun Raya Terbesar Di Indonesia

Kebun Raya atau Kebun Botani atau Taman Botani adalah suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan koleksi, penelitian, dan konservasi. Selain itu biasanya kebun raya dijadikan sarana wisata alternatif bagi sebagian besar warga yang ingin menikmati keindahan dan rimbunnya pohon-pohon besar yang semakin langka di tengah perkotaan.

Indonesia sendiri memiliki beberapa kebun raya yang tersebar di seluruh penjuru negeri, mulai yang terkecil hingga terluas. Kebun raya sangat berguna bagi bumi ini, karena semakin sedikitnya jumlah pohon di perkotaan dan semakin banyaknya polusi yang di hasilkan oleh manusia. Berikut 4 kebun raya terbesar yang ada di Indonesia :

1. Kebun Raya Eka Karya, Bali

Kebun Raya Eka Karya
Kebun raya ini memiliki luas 157 hektar. Kebun raya ini terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Bedugul, Bali, sekitar 90 km dari Kota Denpasar. Kebun raya yang berada pada ketinggian 1.250-1.400 meter dpl ini sudah berumur sekitar 52 tahun. Kebun raya ini memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 16.000 tanaman koleksi dengan 1.500 jenis, 320 marga, 155 suku tanaman. Tiket masuk sebesar Rp 7.000/orang.

2. Kebun Raya Cibodas, Cianjur

Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya ini memiliki luas 125 hektar. Kebun raya ini terletak di kompleks hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Kebun raya ini berada pada ketinggian 1.275 meter dpl dengan suhu udara 17-27 derajat Celcius. Kebun raya ini berdiri tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann. Koleksi yang paling khas di Kebun Raya Cibodas ini adalah Taman Lumut Cibodas yang memiliki 216 jenis.

3. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar. Terletak di Jl. Ir H Juanda No 13 Bogor. Kebun Raya ini diresmikan pada tahun 1817 oleh Gubernur Jenderal G.A.G.Ph Van Der Capellen. Koleksi tanaman yang paling terkenal di kebun raya ini adalah Bunga Bangkai yaitu bunga terbesar di dunia yang tingginya bisa mencapai 2 meter. Tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

4. Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan

Kebun Raya Purwodadi
Kebun raya ini memiliki luas 85 hektar, terletak di jalan raya Surabaya - Malang, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Kebun raya ini didirikan pada tahun 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking. Pengelolaan kebun raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kebun raya ini memiliki 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog