Berkaca Di Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Berkaca Di Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Apa yang tidak ada di Indonesia?. Semua ada disini. Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang cantik dan unik, salah satunya adalah Danau Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin berada di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Lokasinya yang lumayan jauh membuat perjalanan ke danau ini begitu berat dan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Dinamakan Labuan Cermin karena memang pada permukaan air danau begitu mengkilap mirip dengan cermin sehingga kita bisa berkaca di air danau tersebut. Keunikan lain dari danau ini yaitu memiliki 2 jenis air yang berbeda. Pada permukaan danau airnya tawar sedangkan di dasar danau airnya asin, namun kedua air tersebut tidak pernah bercampur. 

Danau Labuan Cermin
Kedua jenis air itu dipisahkan oleh sejenis lapisan keruh berwarna putih yang diduga hasil dari pembusukan organisme di dasar danau yang terperangkap. Air asinnya bisa dirasakan pada kedalaman sekitar 2 meter namun ketebalan air tawar dan air asin di danau ini berubah - ubah tergantung dengan pasang surut air laut.

Snorkeling
Karena airnya terdapat 2 jenis maka spesies yang menghuni danau ini juga dari dua dunia yaitu ikan air tawar di permukaan danau dan ikan air asin di dasarnya. Unik sekali bukan!. Disini kita bisa berenang, menyelam ataupun snorkeling sambil melihat keindahan biota air yang beraneka ragam. Airnya pun sangat jernih dan bersih. Tapi jangan lupa untuk membawa perlengkapan menyelam atau snorkeling sendiri dari rumah.

Ikan - Ikan Kecil
Namun untuk menikmati keindahan "surga" di danau ini tidaklah mudah, butuh perjuangan ekstra keras untuk mencapainya. Dari Kota Samarinda dibutuhkan waktu 20-24 jam perjalanan melalui darat menuju Desa Biduk-Biduk. Jalur lain yang bisa ditempuh adalah jalur udara melalui Bandara Sepinggan di Balikpapan menuju Bandara Tanjung Redeb dilanjutkan dengan perjalanan darat selama 6 jam. Atau bisa melalui Kepulauan Derawan dengan waktu tempuh selama 3 jam.

Perahu Di Tepi Danau
Sebelum sampai di danau ini, kita harus berjalan kaki atau trekking di hutan yang dipenuhi oleh pepohonan dan tumbuhan liar bahkan banyak binatang liar yang menghuni hutan ini seperti monyet, babi hutan, owa-owa, berbagai jenis burung bahkan beruang madu ada disini. Setelah trekking selama 30 menit kita akan sampai ditepi sebuah danau lain. Dari danau ini kita harus menyeberang menggunakan perahu selama 15 menit untuk menuju ke danau Labuan Cermin.

Sesampainya di Danau Labuan Cermin, mata kita akan terperangah menyaksikan keindahan yang tersaji di depan mata. Airnya begitu bersih, mengkilap namun tetap jernih, membuat kita tak sabar untuk menceburkan diri ke danau yang dingin ini.




7 comments:

  1. wuih airnya jernih banget ya mas... sumpah pengen berenang saya.. pasti suegeerr. Begitu indahnya wisata Indonesia.

    ReplyDelete
  2. bali daerahya yang terkenal sampai mancanegara,..sayang kita orang lokal banyak yang nggak sanggup kesana hehehe,...bali yang indah,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya terbesar di transport gan, karena indonesia sangat luas jadi yang jauh dari Bali harus menggunakan pesawat....trims komennya...

      Delete
  3. siapa tahu saya ada kesempatan kesana,jadi tunggu aku disanan yah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku doakan agar bisa segera mengunjungi tempat ini....

      Delete
  4. ada rencana mw ksana.. ada gak ya guide yg bs anterin ksna klo dh smpe di desa biduk2?

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog