Surfing Di Kepulauan Mentawai

Surfing Di Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat memiliki lokasi surfing terbaik di Indonesia bahkan sudah terkenal di dunia. Kepulauan Mentawai merupakan sebuah kabupaten yang ada di Propinsi Sumatera Barat yang memiliki beberapa pulau seperti Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan. Mayoritas penduduk kabupaten ini adalah Suku Mentawai. Kepulauan Mentawai ini pernah terkena Tsunami pada tahun 2010 lalu, namun saat ini sudah pulih seperti semula.

Kepulauan Mentawai memiliki potensi besar di bidang pariwisata khususnya wisata alam seperti wisata pantai. Yang paling terkenal di kepulauan ini  adalah ombaknya. Ya, Kepulauan Mentawai merupakan salah satu lokasi terbaik di Indonesia selain di Bali, Lombok, maupun di Pulau Jawa (Pantai Plengkung). Banyak wisatawan yang jauh-jauh datang dari negeri asalnya ke Kepulauan Mentawai ini hanya untuk menikmati ganasnya ombak di pantai Mentawai. Kepulauan Mentawai memiliki ombak yang besar karena letaknya dikelilingi oleh Samudera Hindia.

Ganasnya Ombak
Sedikitnya terdapat 400 titik surfing di Kepulauan Mentawai yang mempunyai beragam ombak yang menantang, bahkan sebagian titik masuk dalam kategori ekstrem dan menjadi favorit bagi peselancar dunia. Lokasi-lokasi surfing itu antara lain terletak di Desa Bosua, Pulau Nyang-Nyang di Desa Katurei, Pulau Koroniki, Teluk Sibigeu, Teluk Sinakak dan beberapa tempat lainnya. Ombak di Kepulauan Mentawai ini memiliki ketinggian sekitar 3-4 meter.

Perkampungan Di Mentawai
Untuk sobat yang ingin menikmati suasana pantai dengan ombak yang tidak begitu besar, bisa mengunjungi Pulau Siruso. Pantai ini  memiliki pasir pantai yang putih bersih dengan air laut yang sangat jernih. sobat bisa berenang bersama keluarga di pantai ini.

Selain wisata alam, sobat bisa menyaksikan keunikan penduduk asli setempat yaitu Suku Mentawai yang terkenal dengan tato di sekujur tubuhnya.   

Surfing Di Mentawai
Untuk menuju Kepulauan Mentawai bisa melalui jalur laut maupun udara karena di Kepulauan Mentawai sudah ada bandara meskipun kecil. Jadi bagi sobat yang memiliki hobi surfing, tidak ada salahnya untuk menjajal ganasnya ombak di Kepulauan Mentawai ini.




2 comments:

  1. Kalau di Lampung Barat punya Pantai Tanjung Setia yang gak kalah keren buat surfing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya...trima kasih atas infonya sob....

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog