Air Terjun Dlundung, Trawas Mojokerto

Air Terjun Dlundung, Trawas Mojokerto

Seperti halnya dengan air terjun Sedudo dan air terjun Coban Rondo, Air Terjun Dlundung juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat Jawa Timur. Air Terjun Dlundung terletak di Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tepatnya di kaki Gunung Welirang. Berjarak 45 km dari Kota Malang dan 60 km dari Kota Surabaya. Air terjun ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dari kota Surabaya.

Air Terjun Dlundung memiliki ketinggian sekitar 50-60 meter, tidak begitu tinggi memang, apalagi air yang jatuh dari atas tidak langsung sampai ke bawah namun air yang jatuh masih menyentuh tebing yang berundak sehingga air yang turun tidak begitu deras. Tapi jangan salah, air terjun ini tidak kalah indahnya dibandingkn air terjun lainnya. Aliran airnya yang lembut menjadi daya tarik tersendiri air terjun ini.

Dlundung
Air terjun ini terletak di kawasan yang memiliki luas 4,5 hektar. Karena letaknya yang berada pada ketinggian 760 meter dpl, membuat kawasan air terjun ini begitu sejuk. Banyak pasangan kekasih yang memanfaatkan kawasan air terjun ini untuk memadu kasih. Pada hari biasa, objek wisata ini tidak begitu ramai, namun saat akhir pekan atau hari libur, kawasan ini dipadati oleh pengunjung. Disini pengunjung bisa main basah - basahan ataupun berendam di bawah air terjun yang sangat dingin airnya.

Peta Wisata
Fasilitas yang ada di kawasan air terjun ini antara lain adanya area yang cukup luas untuk kegiatan outbound, mulai dari fun game, jatuh bebas, jaring laba-laba hingga flying fox. Area yang berupa lapangan ini dapat menampung sekitar 500-750 peserta.

Di sekitar area air terjun terdapat sebuah area perkemahan yang sering digunakan oleh para pecinta alam untuk camping atau mendirikan tenda. Terdapat 2 lokasi perkemahan disini, pertama adalah lapangan di dekat loket pembelian tiket. Disini terdapat fasilitas kamar mandi dan beberapa warung makanan.

Bumi Perkemahan
Sedangkan yang kedua berada di atas lokasi pertama yang bisa ditempuh selama 20 menit berjalan kaki dari lokasi pertama. Di lokasi camping yang kedua ini tidak ada kamar mandi sehingga kalau kebelet harus rela berjalan kaki ke bawah dulu. Air terjun Dlundung sendiri berada tidak jauh dari lokasi perkemahan yang pertama.

Tiket masuk ke lokasi air terjun sebesar Rp 3.500/orang. Untuk parkir mobil 2.000 dan parkir motor 1.000 rupiah. Bila mengunjungi air terjun ini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa sayur mayur dan buah-buahan yang masih segar yang banyak dijajakan di sekitar air terjun.




1 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog