Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

9:13 AM
Cara dan tips untuk meningkatkan traffic pengunjung blog. Sudah banyak blog yang membuat tutorial tentang bagaimana cara mudah mendapatkan pengunjung blog yang banyak. Semua itu bisa sobat coba satu persatu. Kali ini aku akan coba buat juga cara meningkatkan traffic blog berdasarkan pengalaman pribadiku sendiri. Tujuan membuat tutor ini bukanlah untuk mengajari atau menggurui, namun hanya sekadar share tentang pengalamanku agar blog-blog lain bisa mendapatkan kunjungan yang lebih banyak lagi.

Cara ini khusus untuk blog yang masih minim pengunjung, bagi blog yang sudah mencapai ribuan visitor per harinya, cukup membaca saja jangan ditiru jadi malu sendiri aku nantinya. Dulu blog Bali Backpacker, tepatnya bulan Juli 2012 hanya dikunjungi 85 visitor/hari namum kini (Desember 2012) pengunjungnya mencapai 1000 lebih, alhamdulillah ya.....

Sebenarnya unsur utama agar blog dibanjiri pengunjung tidak lain tidak bukan adalah kontennya yaitu artikel atau postingan. Tidak setiap postingan akan muncul di halaman pertama mesin pencari, hanya postingan yang unik dan orisinil yang akan diperhitungkan. Namun itu semua bergantung juga pada meta tag dan optimasi SEO blog sobat sendiri. Bagi newbie seperti aku bisa belajar di blog Devyonline.blogspot.com yang seperti aku lakukan dulu. Berikut cara meningkatkan traffic blog menurut pengalamanku :


  • Buat Artikel yang unik dan orisinil.

Menurutku ada 3 jenis artikel yang bisa mengundang pengunjung untuk datang di blog sobat yaitu :
1. Artikel unik dan orisinil yang mengandung kata kunci.
Buatlah artikel dengan judul postingan yang mengandung kata kunci. Kalau bisa kata kunci yang lebih dari satu. Seperti postinganku yang berjudul "Pasar Seni Sukowati : Pusat Oleh-Oleh Khas Bali". Di postingan ini terdapat 2 kata kunci yang bisa diketikkan di mesin pencari yaitu Pasar Sukowati dan Oleh-oleh khas Bali.

Jenis postingan ini akan selalu dicari oleh pengguna internet yang ingin mengetahui informasi tentang hal tersebut dan tidak bergantung pada waktu seperti berita update. Jangan membuat postingan dengan judul seperti berita di media cetak. Contoh "Perampok bersenjata ditembak polisi" atau judul sejenis ini, karena postingan tersebut tidak akan pernah dicari oleh pengguna internet di mesin pencari.

2. Artikel unik dan orisinil yang merupakan informasi update atau terkini.
Buatlah postingan yang berisi informasi terkini yang akan dicari oleh pengguna internet dan tentunya harus mengandung kata kunci. Contohnya adalah postinganku yang berjudul "Hasil Pertandingan Tinju Manny Pacquiao vs Marquez 4" ataupun "Peringatan Hari Aids Sedunia 2012".

Dua postingan tersebut memberikan traffic yang cukup besar bagi blog ini. Namun untuk membuat postingan jenis ini, sobat harus cepat dan tidak telat, karena akan kalah dengan blog lain. Namun perlu diingat bahwa postingan seperti ini hanya mengundang traffic sementara sekitar 1 - 2 minggu saja.

3. Artikel dengan judul unik dan menarik.
Buatlah artikel dengan judul yang sangat unik dan menarik yang bisa membuat penasaran calon pembaca namun isinya tidak boleh menyimpang dengan judulnya. Setelah itu submit URL artikel tersebut ke Lintas.me. Sudah banyak blog yang trafficnya meningkat berkat submit URL ke situs Lintas.me ini.

Bali Backpacker pun juga pernah merasakannya waktu postingan berjudul "Pulau Sempu, Serpihan Surga Di Malang" dibaca oleh 1200 lebih pengunjung Lintas.me yang mengarahkan mereka ke blog Bali Backpacker. Ingat untuk jenis artikel ini, kita hanya berharap dari situs berita portal seperti Lintas.me, populerkan.com dan sebagainya untuk itu artikel ini harus di submit ke situs-situs tersebut.


  • Blogwalking dan berkomentar di blog lain

Blogwalking adalah salah satu cara untuk memperkenalkan blog kita. Bila ingin blogwalking, jangan cantumkan alamat URL blog sobat, namun cantumkan alamat URL artikel sobat yang terbaru sehingga bila pengunjung datang ke blog sobat langsung disajikan dengan artikel sobat dan besar kemungkinan mereka akan berkomentar di postingan sobat. Sedangkan bila kita sering-sering berkomentar di blog lain akan mendapatkan backlink (katanya sih) dan blog yang kita komentari tersebut akan membalasnya dengan mengunjungi blog kita dan berkomentar juga.


  • Submit Artikel ke Lintas.me dan situs-situs berita portal lainnya (kalau sempat).

Submit artikel ke Lintas.me sangat diperlukan untuk meningkatkan kunjungan ke blog kita. Apalagi kalau postingan kita memiliki judul yang sangat unik dan menarik, namun bila postingan kita sudah bagus dan menduduki peringkat pertama di search engine, submit artikel tidak perlu dilakukan. Karena menurut pengalamanku, blog kita sendiri akan kalah posisi dibanding dengan artikel yang kita submit  di Lintas.me, meskipun hal itu hanya bertahan selama beberapa hari saja.


  • Selalu Update Postingan

Update artikel memang sangat diperlukan untuk meningkatkan kunjungan ke blog kita. Memang kadang kalah seorang blogger akan mengalami titik kejenuhan dalam membuat postingan, namun bila sedang mood, sobat bisa membuat artikel sebanyak-banyaknya sebagai simpanan. Update postingan ini diperlukan karena semakin banyak artikel kita, maka semakin banyak pula kata kunci yang kita miliki.

Semoga postingan Cara meningkatkan traffic pengunjung blog ini bisa berguna bagi semua khususnya blog yang masih minim pengunjung.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

52 comments

lapor !!
segera saya laksanakan saran-saran diatas...
laporan selesai !!


thanks, mas billy ^_^b

Balas

semoga bisa membantu sob, trima kasih kunjungannya...

Balas

makasih mas billy atas tipsnya,,makasih jg request ku dah di tanggapi...

Balas

oke sob, terima kasih juga atas kunjungan rutinnya....semoga postingan ini bermanfaat....

Balas

ijin mencoba gan, soalnya blogku masih sangat minim pengunjungnya....

Balas

Mantab Mas, kita memang harus berjuang dengan jutaan blog di Dunia. Terimakasih atas berbagi tips tips blog nya.

Balas

iya sob, memang memerlukan waktu biar blog kita ramai....

Balas

tips yang bagus sobat. mampir juga ke blog ane ya makasih

Balas

makasih atas tipsnya sobat

Balas

aku dah coba tipsnya dan terbukti ampuh,,mudah2an bisa seperti itu trus tiap hari,,amin! makasih banyak mas bro

Balas

sama-sama sob, memang perlu kreativitas dan rutinitas dalam membuat postingan yang bagus....sekali lagi selamat sob....

Balas

mau dong visitor yang banyak

Balas

terimakasih saran nya , aku coba :)

Balas

semoga bisa membantu sob....

Balas

alhamdulillah,thanks infonya
http://jaysunmubarrok.blogspot.com/2012/12/pengaruh-agama-weda-terhadap-agama.html

Balas

sama-sama sob, salam kenal....

Balas

Artikelnya bagus2 mas, saya sering nyasar ke blog ini dari google hehe..Mas, mau tanya nih gimana caranya pasang google adsense di bawah judul artikel blog secara otomatis, seperti yang terpasang dlm blog balibackpacker?

mohon penjelasan

Balas

kalau aku sih mencontoh disini sob http://cara-ngeblog.blogspot.com/2010/01/cara-pasang-adsense-di-bawah-judul.html soalnya ku juga gak jago untuk urusan html....

Balas

Oke, ku coba dulu,sering coba ditutorial lain tp gagal terus.. thanks mas ya

Balas

Mas kok blum bisa ya.. cara diatas lgsung saya coba kemaren tp belum terpasang GA nya.template saya pakai autoreadmore.. ada cara lain mas?

Balas

scriptnya harus diparse dulu sob, trus kalau tetap gak bisa

Balas

trus kalo tetap gak bisa coba dipasang di kode yang satunya, soalnya kode atau apa itu kan ada lebih dari 1...

Balas

sudah diparse mas, sudah muncul sih tp cuma di menu tab "sitemap" sm "privacy policy", yang di bagian posting ga muncul, sudah baca tutorial lain sih tp baru dari cara-ngeblog.blogspot.com yang SEDIKIT berhasil


#PUYENG

Balas

satu lagi mas, barusan saya baca artikel milik ardyan fitra praktisi adsense, katanya pasang adsense di bawah judul / didlm artikel rawan BANNED . Contohnya punya detik.com dulu. Gimana nih ya ? daftar adsense sulit lagi. Apa itu juga gak melanggar TOS ya perihal pengubahan kode script bila diparse?

Balas

oh ya? baru tahu aku sob, ya udah daripada kena banned, aku lepas aja deh...thx infony...

Balas

saran yang sederhana, tapi WAJIB di coba, makasih bli..

http://rizapahlepi.blogspot.com

Balas

sama-sama sob, artikel tentang cara meningkatkan traffic blog ini aku buat berdasarkan pengalaman pribadi sob...

Balas

Oke sob, kunjung balik ke http://linggarbloggersejati.blogspot.com, , ,

Balas

siap gan mohoo8.blogspot.com

Balas

newbie nih...pngen buat blog jadi rame ada iklan2 gt tapi gimana caranya gan?

Balas

makasih gan informasinya tentang meningkatkan traffic pengunjung

Balas

lama ga berkunjung ke blog bali backpacker. Mau tanya2 soal SE di blog, nyari artikel yang setema hehe..

langsung aja mas billy, sya baru pasang Search Engine di blog tapi tampilannya kok jelek sob ya, jadi ku letakkan di bawah artikel blog saya www.berbagiinfo4u.blogspot.com. Lain halnya dengan blog bali backpacker SE nya nampak menyatu dengan blog. Gimana cara editnya mas ? Saya buat di sini http://www.google.com/cse

Balas

Mau buat opini nih hehe..

Caranya sama seperti yang di atas. Cuma mau nambahin aja..

Buat blog dengan konten/arikel yang unik dan orisinil, unik disini berarti tidak ada duplikat di internet (hindari copas). Buat artikel yang banyak pencarinya, usahakan yang sedikit saingan agar blog bisa melejit di urutan pertama google saat orang mencari kata kunci tersebut. Caranya bisa di riset dulu kata kuncinya di Google Adwords

Template yang bagus dan SEO friendly juga berpengaruh lho (banyak template gratisan di internet).. biar blog tidak terlihat monoton dimata pengunjung dan SE.

Rutin update blog, menurut berita yang saya dengar saat ini google pinguin sangat menyukai artikel yang sering di update dan lengkap seperti wikipedia.com. Update banyak caranya selain menambah/memperpanjang artikel, seperti menyediakan kotak komentar seperti blog mas Billy ini, menambahkan plugin like / send facebook twitter atau google plus.

Hubungkan blog dengan fanspage facebook, selesai membuat artikel langsung lempar saja ke fanspage, pengunjung banyak lho yang datang dari sana mengingat sekarang facebook adalah situs terpopuler di dunia saat ini.

Untuk memperkokoh blog kita disearch engine disarankan cari backlink yang dofollow bisa juga di forum2 online (ini nih yang bikin saya males..cari backlink hehe..)

Setelah blog ramai pengunjung tinggal daftar sbg pemasang iklan, iklan banyak sekali seperti Google Adsense atau Chitika. Yang lokal juga banyak seperti kumpul blogger, adsense camp, kliksaya.com

Itulah tips singkat dari saya agar blog jadi rame dan pasang iklan, jika ada master yang mau nambahin monggo...dipersilahkan

Balas

maksudnya kotak penelusuran sob?, kalo itu aku ambil kode html di akun GA sob, trus di paste kan di lay out blog...

Balas

Mksh infonya mas, maklum sy masih newbie

Balas

Mantap infonya gan... nih... ane share link yah... :) http://secebisilmu.blogspot.com/2013/02/cara-mudah-mengoptimalkan-kata-kunci.html

Balas

Mantap Sob Infonya
Nice Share Gan
Saya Pratekin di web aku Berita Liga
Berkunjung Juga ya
Terima Kasih

Balas

bagus gan artikelnya. . . lumayan nampah pengetahuan. . . visit juga ya. . .
http://okprin10.blogspot.com/2013/03/tujuan-pembelajaran-kimia-di-sma.html

Balas

upZzz...sesuatu banget ya, jadinya pengen nyoba. makasih

Balas

Kunjungi blog gue yaah.... http://secebisilmu.blogspot.com/

Balas

terima kasih infonya
mampir ke blog gue ya
http://augustreinaldo.blogspot.com/

Balas

makasih mas
kunjungi blog saya yah
http://ovicca.blogspot.com/2013/01/film-hollywood-java-heat-syuting-di.html

Balas

BLOG SAYA GAK RAME ...HEEM http://tabloidk.blogspot.com

Balas

Terima kasih banyak, Artikelnya sangat membantu. Mau minta izin buat saya submit artikelnya di Social Bookmark www.bimblit.com biar teman-teman yang lain juga terbantu. Terima Kasih :)

Balas

Terimakasih atas Infonya gan. Akan saya praktekan.
smoga bisa membantu traffic rank blog Distro Online Saya . . :)

Balas

wahhh bermanfaat banget infonya gan..

namun ane udah nerapkan yang diatas itu gan, dan hasilnya pun lumayan.. dan menurut ane page rank adalah hal yang sangat berpengaruh pada traffic yang datang ke blog kita gan..

Balas

Tulisannya bikin ane tambah semangat Mas, dan sangat membantu untuk saya blogger pemula,..

Balas

Mantap.. Berisi banget hee.. Salam kenal..;)

Balas