Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal, Gunung Kidul

Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal, Gunung Kidul

Objek Wisata Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal, Yogyakarta. Mungkin belum banyak yang tahu akan pantai ini. Nama asli pantai di Gunung Kidul ini adalah Pantai Pulang Syawal sedangkan nama Indrayanti sendiri diambil dari nama sebuah kafe atau restoran di tepi pantai tersebut.

Pantai Indrayanti terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.  Letaknya berada di antara Pantai Sundak dan Pantai Siung. Pantai ini memiliki keindahan yang jauh lebih baik dari Pantai Parangtritis yang terkenal itu.

Pantai Indrayanti
Dahulu Pantai Indrayanti tidak secantik sekarang. Banyak sampah berserakan dan terkesan kumuh, namun setelah didirikannya restoran bernama Indrayanti oleh seorang warga Gunung Kidul, lambat laun pantai ini memperlihatkan kecantikannya.

Pos Pemantauan
Pantai Indrayanti memiliki pasir pantai yang berwarna putih lembut yang menghampar sepanjang 500 meter. Kondisi pantainya sangat bersih, karena memang sangat dijaga oleh pengelolanya. Air laut yang jernih membuat siapa saja akan segera menceburkan diri ke air. Namun untuk berenang di pantai ini diberi batas jarak, mengingat ombaknya yang lumayan besar.

Gazebo
Disisi timur dan barat pantai ini dibatasi oleh bukit dan batu karang. Di sepanjang tepi pantai terdapat berjejer gazebo dengan atap yang terbuat dari rumbai-rumbai pepohonan. Ada juga payung yang bisa disewa dengan harga Rp 20 ribu untuk sobat bersantai. Duduk dibawah payung sambil minum es kelapa muda sambil menikmati keindahan pantai yang bersih memang sebuah kegiatan yang menyenangkan.

Ramai Pengunjung
Di sekitar bibir pantai berdiri tegak sebuah pos pemantauan yang sederhana yang digunakan oleh para life guard lokal untuk mengawasi semua aktivitas di pantai. Sekarang pantai ini mulai sering dikunjungi oleh para wisatawan karena sudah mulai dikenal melalui dunia maya seperti facebook, blog, ataupun dari mulut ke mulut.

Indah
Untuk menuju ke lokasi pantai ini tidak terlalu sulit. Dari pusat kota Yogyakarta bisa ditempuh kurang dari 2 jam, atau bisa naik bus jurusan Wonosari. Untuk tiket masuk sebesar Rp 5 ribu ditambah ongkos parkir. Bagaimana tertarik bukan?. Jangan lupa mampir ke Pantai Indrayanti bila sobat berlibur di Yogyakarta.




2 comments:

  1. Rest Area Jalur Wisata Solo – Pantai Indrayanti ...
    HUBUNGI: 085-628-444-56 / 085-227-623-449
    Aneka jajan & Oleh-oleh Grosir & Eceran ...
    (Singkong bakar, tempe kripik, gadung, stik balado, cumi sayur, lipetan, kripik singkong, manggar pedas, makroni, potato stik, kembang jambu, kacang, dll..)

    TOKO MOJOREJO - MOJOREJO MOTOR
    Jl. Raya Watukelir – Semin Gunung Kidul Km.3 Alascilik (Pule)
    Tegalgiri, Krajan, Weru, Sukoharjo
    (600 meter utara pasar Candirejo-Semin)
    Toko warna warni sebelah timur jalan.. Habis tanjakan dari arah solo setelah balai desa krajan..
    Buka sampai malam.. Hari Besar & Minggu tetap buka..

    Agar perjalanan anda tetap lancar kami sediakan:
    Ban Murah – Berkwalitas – Made In Indonesia
    2.25-17 = Rp. 65.000,-
    2.50-17 = Rp. 65.000,-
    2.75-17 = Rp. 65.000,-
    Sedia aneka macam olie:
    Shell Adv AX5, Shell Adv SX, Enduro 4T, Federal UT, Federal Flick, Castrol Go, Castrol Activ, Yamalube, Mesran, Evalube 2T, SGO 4T, Top1, AHM MPX1, AHM MPX2

    Kami sediakan untuk anda segala kebutuhan perkantoran & accesories perlengkapan sekolah, jam tangan gaul, kalkulator, perlengkapan pramuka, Fotokopi..

    ReplyDelete
  2. salah satu destinasi wisata aku bulan januari 2014... semangat !!

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog