Jernihnya Pantai Sulamadaha, Ternate Maluku Utara

Jernihnya Pantai Sulamadaha, Ternate Maluku Utara

Pantai Sulamadaha merupakan pantai dengan air laut yang sangat jernih yang terletak di Kecamatan Pulau Ternate, Propinsi Maluku Utara. Meskipun tepi pantainya memiliki pasir yang berwarna hitam namun kawasan wisata pantai ini masih tergolong alami dengan keindahan terumbu karang dan biota lautnya yang masih terjaga.

Pantai Sulamadaha merupakan objek wisata andalan dari Ternate dan selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan maupun hari libur. Biasanya yang datang ke pantai ini adalah para orang tua dengan putra-putrinya yang ingin menghabiskan waktu untuk bersenang-senang.

Indah
Saking beningnya, kita bisa dengan mudah melihat dasar laut di pantai ini. Selain itu pantai ini sangat cocok bagi sobat yang menyukai olahraga air seperti menyelam dan snorkeling.

Selain Pantai Sulamadaha yang begitu mempesona, di seberang pantai terlihat jelas Pulau Hiri yang berbentuk seperti bukit yang muncul dari permukaan air laut. Dahulu Pulau Hiri ini merupakan tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah (ayah dari Sultan Ternate sekarang), yang sengaja diungsikan agar tidak ditangkap oleh tentara Belanda.

Pulau Hiri Di Seberang
Bila wisatawan ingin mendaki bukit di Pulau Hiri, sebaiknya mempersiapkan diri dengan perlengkapan dan perbekalan yang lebih memadai, seperti tenda, sepatu kets, makanan, minuman, dan sebagainya. Untuk menyeberang ke Pulau Hiri bisa menyewa perahu nelayan disana dengan biaya sewa Rp 20 ribu.

Perahu Menuju Pulau Hiri
Selain Pulau Hiri, ada satu lagi tempat yang bisa sobat kunjungi dikawasan wisata ini yaitu, Teluk Saomadaha. Teluk Saomadaha memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan terdapat taman bawah laut yang indah dan cocok untuk kegiatan diving dan snorkeling. Namun jangan lupa untuk membawa perlengkapannya sendiri karena belum ada tempat penyewaan peralatan selam.

Jernihnya Air Laut
Untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Sulamadaha ini sangatlah mudah, karena jaraknya yang sangat dekat dari pusat Kota Ternate sekitar 14 kilometer. Dari pusat kota, sobat bisa naik angkot atau taksi menuju Pantai Sulamadaha yang bisa ditempuh selama kurang dari 1 jam.




5 comments:

  1. Begitu indah ciptaannya..
    follow balik ya sob..

    ReplyDelete
  2. keren banget sob, airnya jernih,,bisa puas-puasin berenang di d=situ kali ya..!!

    ReplyDelete
  3. itu bukan sulamadaha sob.. tapi holl... sekarang udah gak kayak gitu..
    salam kenal bro.. saya dari Ternate...

    ReplyDelete
  4. hai...saya akan ke maluku utara dan salah satunya akan ke ternate. mohon informasi, disana ada penyewaaan motor tidak yah..? saya backpacker sendirian.

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog