Pantai Slopeng Sumenep, Sisi Lain Pulau Madura

Pantai Slopeng Sumenep, Sisi Lain Pulau Madura

Objek Wisata Pantai Slopeng. Mungkin sobat bila mendengar kata Pulau Madura, yang terlintas adalah garam, sate, karapan sapi, tempramental, dan kondisi alam yang kering, tandus, dan juga panas. Buang jauh-jauh gambaran sobat tersebut. Di pulau yang masuk dalam provinsi Jawa Timur ini ada sebuah tempat wisata yang sangat-sangat indah, yaitu Pantai Slopeng.

Pantai Slopeng terletak di Kecamatan Dasuk, sekitar 21 kilometer dari pusat Kota Sumenep, atau berjarak sekitar 180 kilometer dari Kota Surabaya, yang bisa ditempuh selama 6 jam perjalanan melalui Jembatan Suramadu yang sangat terkenal itu.

Pohon Siwalan Di Gunung Pasir
Pantai Slopeng manawarkan panorama pantai yang begitu mempesona, dan tak kalah dengan pantai yang ada di Pulau Bali bila dilihat dari segi keindahan dan kebersihannya. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih sepanjang 6 kilometer, dengan volume pasir yang sangat melimpah sehingga biasa disebut gunung pasir oleh para pengunjung.

Panorama Indah
Karena pasir pantainya yang menggunung tersebut, pasti membuat putra-putri sobat betah untuk bermain pasir dan berlama-lama di pantai ini. Di tepi pantai dihiasi beberapa pohon siwalan, pohon kelapa dan juga cemara udang, membuat suasana pantai begitu teduh. Banyak pengunjung yang bersantai di bawah pohon-pohon ini dengan menggelar tikar sembari melihat pemandangan pantai dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan.

Di sekitar tepi pantai terdapat beberapa warung makanan dan minuman seperti sate, es kelapa muda, dan lain-lain untuk mengganjal perut yang sedang lapar.

Pantai Slopeng
Di tengah laut terlihat beberapa perahu nelayan yang sedang sibuk mencari ikan dengan menyebarkan jaring yang dibawanya. Memang sebagian besar penduduk sekitar Pantai Slopeng, bekerja sebagai nelayan, dan ada juga yang menjadi pedagang.

Pertunjukkan
Sebelum masuk di lokasi pantai, ada sebuah taman bermain lengkap dengan aneka jenis permainan anak-anak seperti ayunan, seluncuran, dan ada juga sebuah joglo yang biasanya digunakan sebagai tempat pertunjukkan kesenian pada waktu-waktu tertentu.

Tepi Pantai
Memang Pantai Slopeng ini tidak seramai pantai-pantai yang ada di Pulau Bali atau tempat lainnya, karena letaknya yang jauh dari pusat kota besar dan kurang promosi. Sebenarnya pemerintah daerah setempat sudah berusaha untuk membuat pantai ini lebih ramai pengunjung. Ini terlihat adanya beberapa fasilitas penunjang pantai, seperti kantor, kamar bilas, gazebo, panggung hiburan, pesangrahan, taman bermain dan sebagainya.

Namun karena sepi pengunjung inilah, membuat Pantai Slopeng terjaga keindahan dan kebersihannya, dan  merupakan salah satu dari pantai terindah di Pulau Madura selain Pantai Lombang, meskipun ada beberapa fasilitas yang sudah mulai rusak karena kurang perawatannya. Namun tidak ada salahnya liburan Natal dan Tahun Baru ini  mengajak putra dan putri sobat untuk berekreasi di Pantai Slopeng yang cantik ini.




4 comments:

  1. iya,,sayang masih kurang pengunjung padahal pantainya lumayan indah..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya kalo pemerintah tidak mampu, bisa diberikan kepada pihak swasta untuk mengelolanya....

      Delete
  2. Semoga bisa kesana soB. Pingin lagi wisata ke pantai setelah kemarin ke Pantai Depok Parangtritis Jogjakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. di gunung kidul banyak pantai indah sob seperti pantai ngandong, pantai indrayanti, dan pantai pok tunggal...coba saja kesana sob...

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog