Objek Wisata Batu Raden, Banyumas

11:23 PM
Objek Wisata Batu Raden. Di sebuah kabupaten kecil di Propinsi Jawa Tengah terdapat sebuah kawasan wisata yang sangat menawan dan sayang untuk tidak dikunjungi. Wana Wisata Batu Raden namanya. Kawasan wisata ini berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sekitar 14 km sebelah utara Purwokerto. 

Letaknya persis berada di kaki Gunung Slamet membuat hawa udaranya begitu sejuk ditambah dengan landskep perbukitan yang hijau menjadikan objek wisata yang satu ini begitu sempurna.

Wana Wisata Batu Raden
Dikelilingi oleh hutan pinus seluas 200 hektar, wana wisata yang berada pada ketinggian 650 meter dpl ini merupakan wisata paling favorit dan terkenal di Kabupaten Banyumas dan Purwokerto, bahkan pengunjungnya banyak yang dari luar propinsi. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 18-25 derajat Celcius.

Sepeda Air
Batu Raden merupakan sebuah kompleks wisata yang didalamnya terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik. Diantaranya adalah Pancuran Pitu yaitu sebuah pemandian air panas yang mengandung belerang yang berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit khususnya penyakit kulit. Pancuran Pitu ini salah satu yang paling digemari di Objek Wisata Batu Raden ini.

Pancuran Pitu
Dibawah Pancuran Pitu terdapat Pancuran Telu yaitu sebuah pemandian air panas berupa pancuran air yang berkhasiat sama dengan Pancuran Pitu. Terdapat juga beberapa air terjun di kawasan ini. Selain itu ada juga Telaga Sunyi, sebuah telaga dengan air yang jernih dan sangat cocok untuk berendam dan berenang.

Jalan Menuju Pancuran Pitu
Bagi sobat yang berkunjung bersama putra dan putri, sempatkan pula melihat Taman Kaloka Widya Mandala, yaitu sebuah kebun binatang mini sekaligus tempat atau museum untuk menyimpan kerangka - kerangka dari hewan khas Indonesia, pasti putra-putri sobat akan sangat senang sekali. Selain itu juga ada kolam renang yang berukuran cukup besar di wana wisata ini serta beberapa jenis permainan khusus anak-anak lainnya.

Pancuran Telu
Bagi pengunjung yang hobi wisata petualangan, disini juga terdapat bumi perkemahan, outbound dengan berbagai permainan seperti paint ball dan war games, serta trekking melintasi hutan pinus yang lebat. Pasti liburan sobat disini begitu menyenangkan.

Selain wisata alam, Batu Raden juga menyajikan wisata budaya yaitu Grebeg Syura atau sedekah bumi yang diadakan setiap bulan purnama dalam kalender tahun islam. Ada juga pertunjukkan musik calung dan tari tradisional lengger. Lengkap bukan.

Telaga Sunyi
Untuk akomodasi, di sekitar objek wisata Batu Raden terdapat puluhan hotel dan penginapan yang bisa sobat pilih sesuai dengan isi kantong. Namun bila ingin menyatu dengan alam, bisa mendirikan tenda di bumi perkemahan yang telah disediakan.

Tiket masuk ke Batu Raden sebesar Rp 7.500/orang. Tapi untuk menikmati lokasi wisata di dalamnya harus membeli tiket lagi yang harganya rata-rata Rp 5.000/orang.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

4 comments

Iya soB. sya sudah pernah denger lokasi wisata Batu Raden ini. Beberapa temen Seklah juga sdah pernah ada yang kesna bsrta anak didiknya. Mungkin liburan tahun dpan bisa saya usulkan kpda atasan saya untuk ngajak anak2 kesana.hehe

Balas

Memang Indah pemandangan Batu Raden sob, coz baru sekali kesana hehehe waktu msh sklh di yogya...

Balas

senang sekali bisa berbagi informasi, trims komennya gan....

Balas

pasti seru liburannya...

Balas