Taman Nasional Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum terletak di kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat. Kawasan danau Sentarum merupakan gabungan dari beberapa danau besar dan kecil. Kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1999 yang memiliki luas 132.000 hektar yang terdiri dari 89.000 hektar hutan rawa tergenang dan 43.000 hektar daratan.

Danau ini terletak di sebelah cekungan sungai Kapuas, yaitu sekitar 700 km dari muara menuju laut cina selatan. Danau ini dibatasi oleh bukit - bukit dan dataran tinggi sehingga kawasan ini merupakan daerah tangkapan air dan sekaligus sebagai pengatur tata air daerah aliran sungai (DAS) Kapuas.

T.N Danau Sentarum
Oleh karena itu sungai Kapuas bergantung kepada danau ini. Pada musim penghujan, kedalaman danau ini bisa mencapai 8 meter. Tapi bila pada musim kemarau, air di danau ini mengering meninggalkan beberapa alur sungai kecil ditengahnya karena pada saat musim kemarau tanpa hujan sedikitpun, air di sungai Kapuas juga menyusut sehingga air di danau Sentarum ini mengalir ke sungai Kapuas. Sehingga pada musim kemarau danau ini berubah menjadi daratan yang luas dan ikan-ikan di danau ini terlihat di genangan - genangan air.

Danau Mengering
Tidak seperti danau pada umumnya yang airnya berwarna jernih. Air danau ini berwarna hitam kemerahan dikarenakan mengandung tannin karena dekat dengan hutan gambut.

Kawasan taman nasional ini beberapa flora atau fauna endemik seperti tumbuhan tembesu atau tengkawang, jelutung, meranti, ramin, keruing dan lainnya. Selain flora, pengunjung bisa menemukan fauna khas kalimantan seperti bekantan, siamang, orang utan, tupai, macan pohon, tupai besar, beruang madu, buaya dan beberapa jenis spesies burung. Dan yang paling terkenal adalah jenis ikan arwana yang dipasaran harganya selangit.

Spesies Endemik T.N Danau Sentarum
Karena kawasan ini merupakan taman nasional, ada beberapa objek wisata selain danau Sentarum itu sendiri seperti Bukit Lanjak, Nanga Kenelang, Bukit Tekenang. Menggunakan sampan menyusuri danau sambil mengamati pemandangan alam berikut flora dan faunanya sepertinya hal yang sangat menyenangkan.

Untuk mencapai lokasi taman nasional ini, sobat bisa menggunakan mobil dari kota Pontianak melewati Sintang menuju ke Semitau dengan lama perjalanan 11 jam. Atau bisa juga menggunakan longboat dari Sintang menuju Semitau dalam waktu 7 jam. Tapi harus dilanjutkan lagi dari Semitau menuju Lanjak menggunakan perahu motor. Pengalaman menuju Lanjak tidak akan terlupakan seperti kita menonton acara Discovery di televisi.



2 comments:

  1. Mohon dibantu,kalo mau berwisata kesana,bisa kah minta cp tour travel mobil+akomodasi+guide-nya?saya ma teman2 pengin kesana.thanks before

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog