Pulau Sempu, Serpihan Surga Di Malang

Pulau Sempu, Serpihan Surga Di Malang

Pulau Sempu. Mungkin sebagian besar orang ataupun sobat sendiri belum pernah mendengar nama ini. Pulau ini memiliki luas 877 hektar yang terletak di sebelah selatan kota Malang, Jawa Timur. Dari pantai Sendang Biru, Malang terlihat sebuah pulau kecil. Itulah Pulau Sempu, sebuah pulau yang memiliki keindahan yang tiada tara layaknya serpihan surga yang jatuh di bumi ini.

Untuk mencapai lokasi pulau ini butuh usaha ekstra keras. Dari kota Surabaya sobat bisa menuju ke kota Malang naik mobil pribadi ataupun angkutan umum seperti bus dan kereta api. Dari Malang, sobat ambil jalan ke arah Turen, untuk angkutan umum bisa naik Bemo di Terminal Gadang, Malang.  

Segara Anakan
Setelah sekitar 2 jam perjalanan dari kota Malang sampailah kita di Pantai Sendang Biru. Bila sobat menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya sobat cari penginapan di sekitar pantai Sendang Biru ini sambil menitipkan kendaraan yang sobat bawa karena untuk ke Pulau Sempu kita harus menyeberangi pantai ini dengan perahu kecil milik penduduk setempat yang bisa kita sewa seharga Rp 100.000 - Rp 150.000 pulang pergi (PP).

Serpihan Surga
Dari pantai Sendang Biru ke Pulau Sempu memerlukan waktu sekitar 15 menit. Setelah sampai di pulau Sempu kita harus trekking melalui hutan hujan di pulau tersebut. Perlu diingat sebelum menyeberang ke pulau Sempu, sobat harus menyewa sepatu bot di pantai Sendang Biru yang digunakan untuk menembus pulau Sempu. Turun dari perahu menuju Segara Anakan yang ada di pulau Sempu dengan berjalan kaki memerlukan waktu 2 - 3 jam perjalanan. 

Setelah melalui jalan licin, penuh bebatuan dan berliku, rasa lelah akan hilang dengan sendirinya setelah sobat menyaksikan pemandangan Segara Anakan yang ada di Pulau Sempu. Bila sobat pernah melihat film "The Beach" yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, ya seperti itulah Segara Anakan. Segara Anakan adalah sebuah Laguna yaitu air laut yang "terkurung" di sebuah daratan dan dikelilingi oleh tebing - tebing yang indah. 

Mendirikan Tenda 
Di tepi Segara Anakan ini sobat bisa mendirikan tenda untuk menginap sembari berenang di "kolam" raksasa yang memiliki air yang sangat jernih. Memang tidak salah kalau pulau Sempu dengan Segara Anakan-nya biasa dijuluki orang sebagai surga di dunia. Tertarik berlibur ke Pulau ini......




21 comments:

  1. wahh info bagus neeh sob.. gmn dg pantai balekambang sob?? hehehe.. sukses selalu sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Malang emang banyak banget tempat wisatanya termasuk pantai Balekambang dan Pulau Sempu ini...trims kunjungannya ya...

      Delete
  2. wah keren.. deket rumahku tu aku kan tulungagung heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob...kesana aja kan deket...gak bakalan rugi deh...trims komennya ya...

      Delete
  3. berkunjung sob. infonya bagus banget

    ReplyDelete
  4. indah bener ya sob, kepengen banget kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob...pulau sempu memang seperti surga...

      Delete
  5. Tertarik banget nie soB ke pulau sempu. Kelihatannya Oke banget, meski perlu perjuangan ekstra untuk sampai ke pulau sempu. Kira2 kapan ya Ane bisa kesana soB?hehe

    ReplyDelete
  6. memang butuh perjuangan gan tapi kalo udah nyampe, semua capek akan terbayar...trims komennya gan...

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. iya gan,aku pernah kesana indah banget pemandangannya....

      Delete
  8. Bah, dulu ane pernah kesana karena ga sengaja gt... Ga taunya... juah banget >_< saran ajah, kalo kesana sebaiknya menginap, kalo enggak rugi ama perjalananannya. Jauh gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob kemaren aku kesana gak nginep, tapi tgl 2 besok rencana kesana lagi dan mau nginep sob....

      Delete
  9. hi Dari Malang, sobat ambil jalan ke arah Turen, untuk angkutan umum bisa naik Bemo di Terminal Gadang, Malang.

    ini bemo 2 jam ke pantai sendang biru? ongkosnya berapa?

    budget berapa yah yang harus di siapin, 1 juta untuk 2 hari cukup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo orangnya banyak mending sewa aja 1 mobil, mungkin gak sampe 200 ribu, tapi kalo orangnya dikit naik angkutan umum tarif gadang ke turen 5 ribu, trus turen ke sendang biru sekitar 15 ribu

      Delete
  10. Iya Sempu bagus banget... Setuju ni sama yg pny blog.. kemaren dapet info ke sempu dari hotel tempat aku nginep... Ayo2 yang belum ke Sempu berangkat!! Kalo butuh tempat nginep d Malang, aku rekomendasi jg tempatku nginep dulu... Klik www.kartikagrahahotel.com

    ReplyDelete
  11. boleh tahu, di sekitar sendang biru ada penginapan? kalau di pulau Sempu sendiri ada juga ngga ya?
    thank you

    ReplyDelete
  12. wah,, nice info.. coba kapan2 travel kesana ah.. cocok buat refresh mind sepertinya

    ReplyDelete
  13. Waaaaahhhh....aq org malang selatan pi baru denger sekarang lok ada yg namanya pulau sempu. Turen ya? Hmmm..

    ReplyDelete
  14. rekomendasinya perfect.,
    juni otw kesana ah,,.

    nice info.,

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog