Objek Wisata Danau Paniai, Papua

Objek Wisata Danau Paniai, Papua

Danau Paniai merupakan danau yang sangat indah, dengan pemandangan alam yang masih alami sehingga tidak mengeherankan bila keindahan danau ini diakui oleh utusan dari 157 negara yang ikut dalam konferensi danau se-dunia yang diadakan pada tahun 2007 lalu di India. Danau ini terletak di Kabupaten Paniai, Propinsi Papua.

Danau ini memiliki luas 14.500 hektar yang berada pada ketinggian 1.700 meter dpl sehingga membuat kawasan danau Paniai ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang begitu indah, perpaduan antara keindahan danau dengan dataran tinggi dan bukit - bukit yang mengelilinginya. Di sekitar danau ini juga merupakan tempat bermukim suku asli Papua yaitu suku Mee dan suku Moni. Satu lagi perpaduan yang sangat menarik antara keindahan alam dan ke-eksotis-an budaya Papua.

Danau Paniai
Awal mulanya danau Paniai ini beserta dua danau tetangganya yang bernama danau Tigi dan danau Tage dinamakan Wissel Meeren. Dinamakan demikian karena danau ini pertama kali ditemukan oleh seorang pilot berkebangsaan Belanda yang tanpa sengaja melintasi danau ini pada tahun 1938 bernama Meeren. Arti kata Wissel Meeren dalam bahasa Belanda sendiri adalah danau-danau Meeren.

Siluet Perbukitan
Disini pengunjung bisa menikmati danau ini dengan beberapa aktivitas antara lain memancing ataupun menyewa perahu untuk mengelilingi danau tersebut.

Meskipun berada di ketinggian 1.700 mdpl, danau Paniai memiliki beberapa jenis ikan air tawar seperti ikan nila, mujair, ikan mas, ikan belut, ikan sembilan hitam dan bila beruntung pengunjung bisa menjumpai ikan pelangi yang bernilai ekonomis tinggi karena bentuknya yang indah. Disamping ikan, yang tak kalah unik adalah adanya jenis udang yang bernama udang selingkuh. Disebut demikian karena udang ini memiliki capit yang berukuran besar seperti kepiting (selingkuh sama kepiting kalee). Sampai sekarang pun udang jenis ini banyak diburu karena merupakan kuliner wajib bagi wisatawan yang berkunjung kesini.

Keindahan Danau Paniai
Untuk fasilitas, terdapat pos jaga, pemandu wisata, persewaan perahu, persewaan peralatan memancing dan warung - warung kecil. Untuk akomodasi di danau ini, pengunjung bisa menyewa rumah - rumah penduduk yang ada disekitar danau. 

Untuk menuju lokasi danau, pengunjung bisa menggunakan mobil jenis Mitsubishi Strada dari kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai menuju lokasi karena jalan yang menanjak dan berkelok-kelok atau lewat jalur udara dengan menggunakan pesawat jenis cessna yang bisa mendarat di dataran tinggi dan landasan tanah.



2 comments:

  1. Sungguh menakjubkan.....sangat layak untuk dijadikan tempat yamg perlu disinggahi...

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog