Danau Tondano, Terluas Di Sulawesi Utara

Danau Tondano, Terluas Di Sulawesi Utara

Objek Wisata Danau Tondano berada Desa Remboken, yaitu 3 km dari Kota Tomohon atau 30 km dari Kota Manado, Ibukota Propinsi Sulawesi Utara. Letak danau ini diapit oleh Gunung Kaweng, Pegunungan Lembean, Bukit Tampusu dan Gunung Masarang. Danau ini dikelilingi oleh jalan yang menghubungkan Kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Tondano Selatan, Kecamatan Kakas, Kecamatan Eris dan Kecamatan Remboken.

Danau Tondano memiliki luas 4.278 hektar dengan ukuran sekitar 5 kilometer X 11 kilometer. Danau Tondano berada di ketinggian 684 meter dpl, sehingga membuat udara di danau ini begitu sejuk ditambah pemandangan perbukitan yang hijau dipadu dengan keindahan danau Tondano sendiri membuat objek wisata ini patut dikunjungi bila sobat berada di Sulawesi Utara.

Danau Tondano Dari Bukit
Danau Tondano ini juga merupakan danau penghasil ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan gurame, lobster hitam dan lainnya. Keunikan danau ini adalah adanya pulau kecil bernama Pulau Likri di tengah agak ke pinggir danau ini. Ukuran pulau ini sekitar 100 m X 30 m, tapi lebih mirip dengan segumpal rumput yang mengambang di tengah danau.

Pulau Likri
Di tepi Danau Tondano terlihat jelas Gunung Kaweng. Menurut cerita rakyat disana, danau ini terjadi karena letusan yang dahsyat karena ada sepasang manusia berlainan jenis yang melanggar larangan orang tua untuk kawin (kaweng dalam bahas minahasa berarti kawin). Sehingga meletuslah kembaran Gunung Kaweng itu dan berubah menjadi Danau Tondano.

Peta Danau Tondano
Terdapat beberapa bangunan dari bambu yang menjorok ke danau mirip dermaga kecil, cocok sekali untuk bersantai menikmati panorama alam sambil berfoto ria bahkan bisa dengan diselingi memancing. Kurang puas dengan itu semua?. Sobat bisa menyewa perahu nelayan disana untuk berkeliling danau sambil melihat pemandangan Gunung Kaweng yang berselimut pohon-pohon hijau.

Naik Perahu
Di kawasan wisata Danau Tondano ini juga sering diadakan pesta nelayan. Seperti lomba dayung, lomba perahu hias, lomba tangkap ikan tanpa alat, serta parade perahu bolotu.

Untuk menuju ke Danau Tondano, pengunjung bisa melalui kota Tomohon maupun Manado. Jalan menuju ke objek wisata ini sudah beraspal mulus, namun jalannya berkelok-kelok jadi tetap perlu kewaspadaan dalam berkendara.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog