Alas Kedaton, Pura Dan Hutan Kera

Alas Kedaton, Pura Dan Hutan Kera

Objek Wisata Alas Kedaton merupakan objek wisata berupa hutan lindung yang juga habitat ratusan kera yang di dalamnya terdapat pura besar yang unik yang bernama Pura Dalem Kahyangan Kedaton. Objek wisata ini berada Dusun Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, sekitar 35 kilometer dari Kota Denpasar.

Keriangan yang luar biasa akan sobat rasakan karena tempat ini lebih riuh dari Sangeh yang berada 10 km dari Alas Kedaton ini. Keriuhan ini disebabkan agresivitas ratusan kera penghuni objek wisata ini kepada pengunjung. Walau agresif kera-kera ini tidak akan menyakiti kalau sobat tidak mengganggunya. Mereka hanya sedikit jahil dengan mengamati dan menyentuh sobat dan barang bawaan untuk mendapatkan makanan. Kera-kera ini sangat gemar berinteraksi dan mudah akrab dengan pengunjung.

Gatel nih....
Sebelum masuk areal hutan seluas 12 hektar ini, jangan lupa membeli tiket masuk seharga Rp 10.000/orang dan beberapa bungkus kacang, jagung, atau makanan lain. Jika sobat membawa makanan untuk konsumsi pribadi, makanan itu akan berpeluang juga diminta kera. Makanan-makanan untuk kera tersebut bisa dibeli di beberapa kios di areal depan hutan.

Pintu Masuk
Di areal depan hutan, bersiap-siaplah, ratusan kera telah menyambut dengan tatapan penuh selidik mengamati pengunjung. Kera-kera ini sudah siaga menyambut makanan yang akan diberikan, bahkan dengan santainya mereka akan mendekati dan menyentuh sobat. Untuk mendapatkan foto dengan kera tidak sulit. Tawarkan saja sebutir kacang, sontak kera itu akan mendekat bahkan bertengger di pangkuan sobat.

Pura Dalem Kahyangan Kedaton
Memasuki areal hutan yang dikelilingi berbagai jenis pohon besar yang heterogen, beberapa ruas jalan setapak dapat sobat pilih untuk berjalan-jalan di hutan. Di tengah hutan terdapat sebuah pura yang bernama Pura Dalem Kahyangan Kedaton yang memiliki 4 pintu masuk. Bangunannya terkesan kuno dengan arsitektur sederhana. Uniknya lagi, warga yang melakukan pemujaan di pura ini, tidak diperkenankan membawa dupa (api) karena menurut adat setempat, ketiadaan api berarti sifat amarah, dan hawa nafsu telah padam.

Kelelawar
Ketika berjalan-jalan di dalam hutan, keriangan dalam kesunyian sungguh terasa.Ratusan kera asik bermain-main dalam hutan ditemani sekumpulan kelelawar yang bergelantungan di dahan tertinggi pohon. Di pinggiran hutan, sobat bisa menikmati pemandangan persawahan yang mengelilingi areal hutan.

Sebelum pulang jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di puluhan kios di tempat ini. Oleh-oleh khas Alas Kedaton berbentuk kera mulai dari patung, kerajinan sabut kelapa dan pakaian dapat dengan mudah sobat dapatkan.




6 comments:

  1. wuih...
    ada monyet dan kelelawarnya...

    ReplyDelete
  2. Tempatnya adem sekali. Blog nya ganti wajaih nih ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang biar tambah cerah sekalian dipasang adsense biar lebih keren....trims kunjungannya bang...

      Delete
  3. kapan ya bisa ke Bali


    http://curhatz.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kapan2 pasti bisa non....trima kasih komennya...

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog