Tugu Khatulistiwa ( Equator Monument )

Tugu Khatulistiwa ( Equator Monument )

Tugu Khatulistiwa atau dalam bahasa inggris disebut Equator Monument terletak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Letaknya sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak. Tugu ini merupakan ikon wisata kota Pontianak yang selalu dikunjungi terutama oleh wisatawan yang datang ke Pontianak. Tugu ini terletak di pinggir jalan sehingga mudah untuk mencarinya.

Bagi yang belum tahu Tugu Pontianak, tugu ini dibangun karena di lokasi tugu ini merupakan titik 0 derajat. Ingatkan waktu masih sekolah, bumi ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan, dan tepat di tugu ini adalah di tengah-tengah.

Tugu Khatulistiwa
Sejarah pembangunan tugu ini bisa dilihat pada catatan yang ada didalam gedung. Tugu ini pertama kali di bangun pada tahun 1928 yang pada mulanya hanya berbentuk tonggak dengan anak panah. Kemudian disempurnakan lagi pada tahun 1930 dengan menambahkan lingkaran. 

Tahun 1938 tugu ini dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh arsitek Silaban. Dan terakhir pada tahun 1990 direnovasi dengan pembangunan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan tugu duplikat sebesar 5 kali lipat dari tugu asli, sedangkan tugu asli bisa dilihat didalam gedung. Tugu ini diresmikan pada tanggal 21 September 1991.

Tugu Asli
Peristiwa yang ditunggu-tunggu di tugu khatulistiwa ini adalah terjadinya titik kulminasi matahari. Yaitu saat matahari berada tepat di garis khatulistiwa sehingga bayang-bayang benda yang ada di sekitar tugu ini akan menghilang. Dan bayangan tugu inipun juga menghilang pula.

Pintu Masuk
Peristiwa titik kulminasi matahari ini terjadi 2 kali dalam setahun yaitu pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa ini menjadi event tahunan bagi para wisatawan dan biasanya akan dibarengi juga dengan perayaan adat budaya disana.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog