Candi Prambanan, Candi Termegah Di Asia Tenggara

Candi Prambanan, Candi Termegah Di Asia Tenggara

Objek Wisata Candi Prambanan terletak di Desa Prambanan yang wilayah terbagi antara dua kabupaten yaitu Sleman dan Klaten. Kurang lebih 20 kilometer timur Kota Yogyakarta dan 40 kilometer barat Kota Solo, letaknya persisi di perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti,  tiga dewa utama umat Hindu, yaitu Dewa Brahma, Wishnu, dan Shiwa.

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Sedangkan Candi Budha terbesar adalah Candi Borobudur. Candi Prambanan juga merupakan candi tercantik di Asia Tenggara, yang memiliki bangunan berbentuk tinggi dan ramping dengan tinggi candi utama mencapai 47 meter dan dikelilingi gugusan candi-candi kecil. Candi Prambanan adalah salah satu candi termegah sehingga banyak wisatawan dari luar negeri yang sangat mengagumi dan berkunjung ke candi ini.

Candi Prambanan
Candi Prambanan juga sering dikait-kaitkan dengan legenda rakyat yaitu Roro Jonggrang. Seorang putri cantik jelita yang akan dilamar oleh Pangeran Bandung Bondowoso. Sebenarnya Roro Jonggrang tidak mau menerima lamaran sang Pangeran, tetapi karena takut untuk menolak maka si putri mengajukan syarat yaitu dibuatkan 1000 candi dalam waktu satu malam. Akhirnya sang pangeran menyanggupinya, dengan bantuan jin dan roh halus akhirnya sang pangeran bisa menyelesaikan 999 buah candi. Melihat hal itu, si putri menyiasatinya dengan membangunkan dayang istana dan menumbuk padi sehingga ayam-ayam berkokok menunjukkan hari sudah pagi. 

Arca Roro Jonggrang
Mengetahui hal itu Pangeran Bandung Bondowoso akhirnya murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca untuk menggenapi candi buatannya. Sekarang arca Roro Jonggrang berada di dalam Candi Shiwa yaitu candi tertinggi di kompleks Candi Prambanan.

Namun, menurut prasasti Siwagrha, candi ini dibangun pada tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan untuk menandingi Candi Borobudur dan Candi Sewu yang berada tak jauh dari Candi Prambanan. 

Pada Masa Lalu
Candi ini pernah ditelantarkan. Pada tahun 930 an masehi, ibukota kerajaan pindah ke Jawa Timur oleh Mpu Sendok yang mendirikan Wangsa Isyana. Penyebab kepindahan itu tidak ada yang tahu pasti tapi sangat mungkin disebabkan oleh letusan Gunung Merapi yang sangat hebat sehingga candi ini perlahan-lahan mulai telantar dan tak terawat.

Tetapi baru pada tahun 1930an, pemugaran yang serius dilakukan. Hingga pada tahun 1953, candi ini diresmikan oleh Presiden Soekarno. Candi Prambanan termasuk dalam Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia yang terdaftar sejak tahun 1991 dan candi ini dilindungi oleh UNESCO.

Pada Malam Hari
Di kompleks Candi Prambanan ini dibangun Panggung Trimurti yang secara rutin mengadakan Pertunjukkan Sendratari Ramayana yang berlatar belakang Candi Prambanan dengan sorot lampunya. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Belum pernah ke Candi Prambanan? Kapan lagi....buruan...




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog