Hasil Final ISL Persipura vs Persib November 2014

Hasil Final ISL Persipura vs Persib November 2014

Skor Akhir Final ISL Persipura vs Persib. Pertandingan final sepak bola ISL antara kesebelasan Persib Bandung melawan Persipura Jayapura telah bergulir dan menghasilkan sang juara. Pertandingan yang diselenggarakan di stadion Sriwijaya Jakabaring, Palembang pada hari Jumat, 7 November 2014 ini disiarkan secara langsung oleh stasiun tv RCTI.

Pertandingan final ISL 2014 ini berakhir dengan skor akhir 5-3 (2-2) melalui babak adu pinalti untuk kemenangan tim Persib Bandung. Sebelumnya masing-masing tim telah mengalahkan lawan masing-masing. Persipura berhasil menyikat tim Pelita Bandung Raya (PBR) dengan skor 2-0. Sedangkan Persib Bandung berhasil mengalahkan tim Singo Edan, Arema Malang di babak semifinal dengan skor 3-1 lewat babak perpanjangan waktu.

hasil final isl persib vs persipura
Persib vs Persipura
Pertandingan final ini berjalan cukup lancar dengan pengamanan ekstra ketat oleh pihak kepolisian dibantu oleh pihak-pihak lainnya. Kedua tim baik Persipura maupun Persib Bandung memiliki pemain-pemain besar. Di kubu Persipura diperkuat bomber Boaz Solossa dan Immanuel Wanggai, sedangkan Persib mempunyai Atep, Firman Utina, M. Ridwan. Semua nama-nama tersebut pernah mengisi skuad timnas Indonesia senior.

Meskipun diatas kertas, tim Mutiara Hitam, Persipura (juara musim lalu) lebih diunggulkan daripada Persib Bandung karena dari beberapa pertemuan terakhir antar kedua tim, kemenangan didominasi oleh tim Persipura Jayapura, namun hal itu tak membuat skuad Persib Bandung gentar. 

Berikut rincian pertandingan Final ISL Persib vs Persipura :

Babak Pertama :

Awal babak pertama pertandingan berjalan cukup alot. Persipura lebih sering menyerang dibanding Persib. Tak lama berselang, pada menit ke-5 babak pertama pemain Persipura Ian Luis Kabes berhasil menjebol jala Persib Bandung yang dikawal oleh I Made Wirawan, 1-0 skor sementara Persipura unggul. Ian Luis Kabes berhasil menyarangkan bola ke gawang Persib berkat assist dari Gerald Pangkali.

Meskipun sudah unggul 1-0, Persipura tidak mengendorkan serangan, beberapa kali Persipura mendapat peluang, namun masih belum berbuah gol. Permainan sedikit keras dengan adanya pelanggaran-pelanggaran yang tidak perlu.

Persib tidak tinggal diam, di menit ke-17, bomber Persib, Tantan memiliki peluang emas karena berhadapan dengan kiper Persipura, namun gagal menendang bola karena direbut oleh pemain belakang Persipura.

Di menit ke-20 Persipura berhasil membuat jantung para Bobotoh berdetak kencang, Tendangan pemain Persipura Pugliara berhasil ditepis oleh I Made Wirawan dan menyentuh mistar gawang, dan hanya menghasilkan tendangan pojok. 

Permainan semakin seru ketika menit ke-22, Persib Bandung mendapat hadiah tendangan bebas setelah Ferdinand Sinaga dilanggar oleh Bio Paulin Pierre di luar kotak pinalti. Tendangan bebas yang diambil oleh kapten tim Firman Utina masih membentur pagar hidup Persipura dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Berkali-kali Persib berusaha menyerang pertahanan Persipura namun belum juga membuahkan gol. Pertandingan semakin panas di akhir babak pertama. Itu terlihat banyaknya kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit Prasetyo Hadi.

Di akhir babak pertama Persib mendapat peluang emas dari Tantan yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper Persipura, namun tendangannya tepat mengena ke tubuh sang kiper dan tidak menghasilkan gol.

Di masa injury time, Persipura mendapat malapetaka ketika Bio Paulin diusir wasit karena melakukan pelanggaran dan mendapat kartu kuning kedua. Persib mendapat hadiah tendangan bebas yang dilakukan oleh Firman Utina.

Terjadi kemelut di depan gawang Persipura setelah tendangan bebas yang dilakukan oleh Firman Utina. Dan akhirnya gol terjadi di akhir babak pertama yang tercipta dari kaki Immanuel Wanggai. Ya, sebuah gol bunuh diri yang sangat merugikan Persipura. Akhirnya wasit meniup peluit panjang mengakhiri babak pertama dengan skor 1-1.

Babak Kedua :

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan Persib untuk semakin menusuk pertahanan Persipura. Alhasil pada menit ke-52 melalui assist apik dari Firman Utina, pemain Persib M.Ridwan berhasil menjebol gawang Persipura dan merubah skor sementara menjadi 2-1 untuk keunggulan Persib Bandung.

Ketinggalan 1-2 membuat Persipura lebih beringas melakukan serangan. Namun lagi-lagi serangannya digagalkan oleh para pemain belakang Persib. Untuk memperkuat sayap, pada menit ke-67, pelatih Persib memasukkan Atep menggantikan Tantan yang mulai kelelahan.

Persipura bukannya tak memiliki peluang, di menit 73, tendangan Lim Jun Sik yang mengarah ke gawang Persib masih bisa ditangkap oleh I Made Wirawan. Puncaknya pada menit 80, berkat umpan dari Pugliara, bomber Persipura, Boaz Salossa berhasil menjebol gawang Persib, skor berubah 2-2. Hingga akhir babak kedua skor tidak berubah dan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Extra Time 1 :

Di babak perpanjangan waktu babak pertama, permainan Persib Bandung lebih banyak menyerang karena unggul jumlah pemain. Tidak ada peluang yang berbuah gol dalam babak ini, skor masih sama 2-2.

Extra Time 2 :

Di perpanjangan waktu babak kedua pertandingan masih berlangsung seru. Di menit ke-110, pemain Persib Vladimir Vujovic mendapat kartu kuning kedua dan mengakibatkan dia harus keluar dari lapangan pertandingan. Pertandingan semakin seru karena jumlah pemain yang sama 10 lawan 10 pemain. Sampai peluit panjang berbunyi, skor tidak berubah dan pertandingan dilanjutkan dalam babak adu pinalti.

Adu Pinalti :
Pemain Persib :

  • Konate Makan : Gol
  • Ferdinand Sinaga : Gol
  • Toni Sucipto : Gol
  • Supardi Nasir : Gol
  • Ahmad Jufrianto : Gol

Pemain Persipura :

  • Boaz Salossa : Gol
  • Pahabol : Gol
  • Robertino Pugliara : Gol
  • Nelson Alom : Tidak
Susunan Pemain Start Up :

Pemain Persib : I Made Wirawan (kiper), Toni Sucipto, Vladimir Vujovic, Ahmad Jufriyanto, Supardi, Hariono, Firman Utina, Makan Konate, M Ridwan, Tantan, Ferdinand Sinaga.
Pelatih : Djadjang Nurjaman

Pemain Persipura : Dede Sulaiman (kiper), Ruben Sanadi, Bio Paulin Pierre, Dominggus Fakdawer, Imanuel Wanggai, Lim Jun Sik, Yustinus Pae, Pugliara, Gerard Pangkali, Ian Luis Kabes, Boaz Solossa.
Pelatih (sementara) : Mettu Duaramuri

Wasit : Prasetyo Hadi

Pencetak Gol : Ian Luis Kabes (5'), Immanuel Wanggai (OG) (47'), M.Ridwan (52'), Boaz Salossa (80')

Kartu Kuning : Hariono (10'), Ahmad Jufriyanto (27'), Dominggus Fakdawer (41), Supardi Nasir (99')

Kartu Merah : Bio Paulin Pierre (46'), Vladimir Vujovic (110')
  



1 comments:

  1. hebat juga ni persib, tapi lama juga gak juara ISL yah,..akhirnya tercapai jg

    Visit and komen back yah!

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog