Wisata Taman Nasional Pulau Komodo - NTT

Wisata Taman Nasional Pulau Komodo. Menyusuri pulau ini, kita langsung diajak menikmati udara segar serta panorama alam yang indah namun berbalut penuh kesunyian. Tanaman yang menghampar, seperti bergoyang menyapa siapa saja yang melintas dihadapnya. Mungkin ini juga yang dirasakan Letnan Steyn va Hens Broek di tahun 1910-an, saat pertama kali tiba di Pulau Komodo. Saat itu, ia datang untuk membuktikan kasak-kusuk pasukan Belanda yang mengatakan adanya hewan naga (sebutan ilmuwan untuk Komodo).

Taman Nasional Pulau Komodo (TNPK), merupakan habitat komodo satu-satunya di dunia. Kelestariannya patut dijaga, mengingat satwa komodo rentan kepunahan. Destinasi wisata TNPK sendiri, menawarkan petualangan paripurna di darat dan bawah laut. Terdiri dari dua pulau besar, Komodo dan Rinca, serta pulau-pulau kecil. Menuju ke pelabuhan kecil ini dapat dicapai dengan berlayar dari pelabuhan di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

taman nasional pulau komodo
Komodo
Sesuai dengan namanya, kawasan ini merupakan rumah bagi ribuan ekor komodo (Varanus komodoensis) yang tersebar di antara hamparan tanah, sabana, pantai, rawa bakau, dan liang-liang. Satwa berkemampuan bionic ini mampu melihat sejauh 300 meter, mendeteksi bangkai daging sejauh 4 - 10 kilometer, berlari cepat hingga 20 km/jam, berenang, menyelam, dan memanjat pohon.

Jika beruntung, kita dapat melihat bagaimana sang naga berburu mangsa, seperti rusa atau babi hutan. Binatang ini memiliki gigitan maut yang konon racun di ludahnya mampu melumpuhkan calon mangsanya. Setelah digigit, mangsanya akan terluka beberapa hari dan mati. Komodo yang setia mengikuti kemudian menyantapnya.

pulau komodo
Pesisir Pantai Pulau Komodo
Namun saat tertentu, kita hanya dapat melihat mereka berjemur di jalan dan savana. Selain komodo, di dalam pulau ini juga tersimpan kekayaan alam flora. Seperti kayu sepang, pohon nitak, dan masih banyak lagi. Sejak dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 1991, gelombang kedatangan wisatawan, baik domestik dan khususnya wisatawan manca negara terus bergelombang berdatangan ke TNPK.

Prestasi membanggakan buat Indonesia, adalah di tahun 2009, Taman Nasional Pulau Komodo sempat dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" yang baru diumumkan pada tahun 2010 melalui voting secara online di www.N7W.com. 

wisata pulau komodo
Indah
Bahkan, pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders telah mengumumkan pemenang sementara, dan Taman Nasional Pulau Komodo masuk ke dalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Meskipun akhirnya, TNPK tersisihkan dalam jajaran tujuh keajaiban dunia terbaru.

Kendati demikian, pemerintah pusat dan pemerintah setempat tidak tinggal diam, untuk terus berusaha mempersolek Taman Nasional Komodo untuk mencuri mata dunia. Dalam kurun tahun terakhir, Labuan Bajo, terus bersolek terutama menjelang Sail Komodo 2013. Hotel dan restoran mulai banyak bertumbuhan.

Begitu juga suasana di Jalan Soekarno Hatta kian semarak seiring berdirinya restoran Mediterraneo, Treetop, The Lounge, dan Gardena. Upaya ini juga mendapatkan perhatian besar dari masyarakat setempat, dengan berusaha menjadi tuan rumah yang ramah dan menjaga kelestarian lingkungannya.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Wisata Taman Nasional Pulau Komodo - NTT"

Post a Comment