Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami. Secantik-cantiknya wanita, setampan-tampannya pria, kalau wajahnya muncul jerawat atau terdapat bekas jerawat, pasti akan mengurangi rasa percaya diri dalam dirinya. Banyak orang yang sudah melakukan berbagi cara untuk menghilangkan jerawat ini, namun hasil yang didapat tidak begitu menyenangkan.

Munculnya jerawat dapat menjadi suatu keadaan yang sangat mengganggu bagi kebanyakan orang khususnya wanita karena mengurangi kecantikan. Oleh sebab itu, banyak orang yang berusaha untuk menghilangkannya baik dengan cara medis maupun secara alami. Berikut ini beberapa bahan atau ramuan bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah, mengurangi, atau menghilangkan jerawat :

cara menghilangkan jerawat secara alami
Jerawat
1. Campuran jeruk nipis dan belerang.

Campuran jeruk nipis dan belerang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya, sekitar setengah sendok makan belerang digerus bersama air perasan jeruk nipis sampai lembut. Untuk menghilangkan bau belerang, dapat ditambahkan sedikit minyak wangi. Ramuan dioleskan pada wajah yang berjerawat.

2. Tomat.

Buah tomat (Solanum lycopersicum L.) juga dapat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Caranya, menjelang tidur, tempelkan irisan-irisan tipis tomat yang sudah masak pada bagian wajah yang berjerawat. Jika hal ini sering dilakukan, wajah akan bebas dari jerawat.

3. Ramuan anti jerawat.

Bahan yang diperlukan adalah 10 gram kencur, 10 gram temulawak, sedikit asam, beberapa jintan hitam, dan sedikit gula aren. Cara pembuatannya, kencur dan temulawak diparut. Asam, jintan dan gula aren ditumbuk halus dan dicampur dengan parutan kencur dan temulawak sambil diberi sedikit air.

Ramuan diseduh dengan air panas sebelum diminum. Ramuan ini diminm di pagi hari. Wajah yang berjerawat sebaiknya digosok dengan jeruk nipis pada malam hari dan dicuci bersih keesokan harinya.

4. Daun sirih.

Jerawat dapat juga dihilangkan dengan ramuan daun sirih. Caranya, beberapa helai daun sirih dilumatkan dan ditempelkan pada wajah yang berjerawat. Setelah mengering, perlakuan ini diulangi kembali dengan ramuan sirih yang baru. Jika hal ini dilakukan setiap malam sebelum tidur selama satu minggu, niscaya wajah akan bebas dari jerawat.

5. Kunyit.

Kunyit merupakan obat tradisional yang mudah didapat dan harganya murah. Selain sebagai bumbu masak, kunyit ternyata juga dapat bekerja sebagai pencegah peradangan pada kulit bagian luar dan pembasmi jerawat.

Caranya, beberapa potong kunyit diparut dan diambil sarinya. Sari kunyit dicampur dengan air panas, kemudian diminum. Cara lainnya, kunyit yang telah diparut hingga halus ditempelkan pada wajah yang berjerawat dan dibiarkan agak lama hingga mengering. Jika hal ini dilakukan secara teratur selama kurang lebih 6 hari, niscaya hasilnya akan memuaskan.

Selain menggunakan ramuan-ramuan yang telah diberikan, beberapa saran berikut sebaiknya diperhatikan untuk mendapatkan wajah yang bersih dan bebas jerawat :
  • Mandilah yang bersih secara rutin
  • Menjelang tidur, gosoklah wajah dengan air buah tomat.
  • Hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak.
  • Perbanyak makan buah-buahan, seperti belimbing, jambu klutuk, tomat, dan jeruk nipis.
  • Perbanyak makan sayuran
  • Ikuti pola makan yang teratur
  • Hindari stres
  • Olah raga yang teratur



1 comments:

  1. asik ne tips, selain alami, murah lagi. makasih gan.
    sukses selalu

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *