Tips Mempersiapkan Motor Untuk Mudik

Tips Mudik Pake Motor. Saat musim mudik tiba, seperti kita ketahui biasanya pemudik sebagian besar memilih sepeda motor sebagai alat transportasi yang paling digemari. Mumpung masih ada waktu, mari lakukan persiapan motor kita.

Tidak dapat dipungkiri sepeda motor merupakan salah satu alat trasportasi yang paling digemari masyarakat dalam mudik lebaran. Karena sepeda motor sangat praktis ketika digunakan sebagai alat transportasi mudik.Selain itu kita dapat lebih bebas mengatur jadwal keberangkatan, rute yang dilewati, beristirahat kapanpun, dan masih banyak lagi.

Namun, dalam penggunaaannya kita juga harus memperhatikan kondisi dari sepeda motor kita. Beberapa bagian pada sepeda motor yang perlu kita lakukan perawatan sebelum mudik nanti, antara lain :

tips mudik pake motor
Mudik Motor
1. Rem
Rem sebagai perangkat safety pada sepeda motor juga perlu mendapat perhatian utama, karena performa atau laju sepeda motor yang prima tanpa dibarengi dengan sistem pengereman yang baik adalah sangat berbahaya. Silakan konsultasi di bengkel terdekat mengenai penggantian kampas rem dan penyetelannya.

2. Gear dan Rantai
Gear dan rantai perlu diperhatikan sebagai sistem pemindah daya dari mesin ke roda, lakukan penyetelan kekencangan rantai bila sudah kendur, atau ganti gear set dengan baru apabila gear sudah aus dan rantai sudah molor.

3. Ban
Ban sebagai tempat bertumpunya sepeda motor pada jalan, bila ban sudah aus maka akan sangat berbahaya bagi anda sebagai pengendara. Untuk mengecek apakah ban masih layak pakai bisa dilakukan dengan mengukur kedalaman alur ban, apabila masih lebih dari 2mm maka masih aman. Bila kurang dari 2mm segera lakukan penggantian dengan ban yang standar agar didapatkan traksi dan laju yang prima.

4. Busi
Busi juga merupakan faktor penting dalam pembakaran, selalu gunakan busi yang baru sebelum melakukan perjalanan mudik.

5. Oli
Sama dengan busi, sebelum mudik lakukanlah penggantian oli agar diperoleh performa pelumasan yang lebih baik, sehingga sepeda motor dapat melaju dengan performa terbaik.

6. Filter udara
Filter udara merupakan salah satu faktor penting dalam kesempurnaan pembakaran, pastikan elemen filter tidak berumur lebih dari 16.000 km dari penggantian terdahulu. Atau lebih baik lagi bila elemen filter diganti baru sebelum melakukan mudik.

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Tips Mempersiapkan Motor Untuk Mudik"