Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan ekosistem yang berjenis hutan hujan pegunungan dan savana yang terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini ditetapkan oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1997 dengan luas sekitar 41.330 hektar. Taman Nasional ini merupakan daerah yang bergunung - gunung dengan ketinggian antara 550-3000 meter dpl dengan puncak tertinggi terdapat di gunung Rinjani yaitu 3.726 meter dpl.

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Di lembah sebelah barat gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak dengan air yang berbau belerang dengan suhu berbeda-beda mulai dingin, hangat sampai panas. Beberapa flora yang bisa kita temui antara lain Bayur, Mahoni, Beringin, Suren, bunga abadi Edelweis dan lain-lain. 

Gunung Rinjani
Di samping flora, di taman nasional ini juga bisa dijumpai beberapa satwa liar seperti Rusa, Kijang, Landak, Lutung, Kakaktua Putih dan burung yang tidak ada di tempat lain yaitu burung penghisap madu. Di tempat ini terdapat beberapa tempat rekreasi yang bisa sobat kunjungi seperti pemandian air panas, air terjun, perkemahan dan lain-lain. Untuk mendaki atau masuk di taman nasional ini sobat diharuskan melapor ke petugas terlebih dahulu.

Air Terjun di Gunung Rinjani
Untuk menuju ke taman nasional ini terdapat beberapa rute yang bisa sobat tempuh antara lain rute Senaru dan rute Sembalun. Perkiraan waktu dari bandara atau senggigi ke Senaru kurang lebih 3-4 jam dengan kendaraan umum, bila sobat menggunakan mobil pribadi cuma 2 jam. Sedangkan ke Sembalun 4-5 jam dengan kendaraan umum dan 3 jam dengan kendaraan pribadi.

Pintu Masuk
Selama dalam perjalanan sobat akan disuguhi dengan pengalaman yang menakjubkan, tantangannya, keindahannya, dan misteri dibalik legendanya merupakan yang takkan terlupakan. beberapa tempat yang bisa dijumpai selama dalam perjalanan adalah Bunut Ngengkang, Montong Satas, Sanggah Basong, Danau Segara Anak.



1 comments:

  1. lengkap juga nhii bahas tentang gunung rinjani, kalau bisa jangan lupa di bahas danau segara anaknya ya mas :)

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog