Keindahan Air Terjun Riam Merasap, Kalimantan Barat

Keindahan Air Terjun Riam Merasap, Kalimantan Barat

Air Terjun Riam Merasap adalah obyek wisata alam yang terletak di propinsi Kalimantan Barat tepatnya di Desa Batang Air kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang dan berjarak cukup jauh sekitar 300 kilometer dari kota Pontianak ibukota propinsi Kalimantan Barat. Jarak tempuh dari kecamatan Sajingan ke lokasi sekitar 15 kilometer. Dan jika dari perbatasan Indonesia - Malaysia hanya berjarak 10 kilometer sehingga jangan heran bila sobat akan melihat cukup banyak warga Malaysia yang berkunjung kesini.

Dinamakan Riam Merasap karena air terjun ini mempunyai aliran air yang deras dan dari aliran air tersebut menimbulkan kabut dingin dari percikan air yang jatuh sehingga masyarakat sekitar menamainya Air Terjun Riam Merasap. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan lebar 8 meter dengan air jernih yang mengalir disana dan panorama rimba tropis khas Kalimantan membuat air terjun ini semakin indah. Bila sobat mau menelusuri aliran air terjun ini maka tak jauh dari Riam Merasap ini sobat akan menemukan satu buah Riam lagi yang bernama Riam Naik Kubik dengan ketinggian 8 meter yang tak kalah indahnya.

Air Terjun Riam Merasap
Dengan lebar 8 meter banyak yang menganggap air terjun Riam Merasap ini sebagai miniatur air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat, karena kebanyakan air terjun di Indonesia memiliki lebar tak lebih dari 3 meter. Akhir - akhir ini pemerintah setempat memanfaatkan air terjun ini sebagai sumber listrik sehingga dibangun PLTA.  

Riam Naik Kubik
Untuk mencapai ke lokasi air terjun sobat harus berhati-hati karena jalannya sedikit terjal dan licin dan belum dibuatkan tangga untuk turun, meskipun begitu sembari berhati-hati sobat bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah dan melihat pengunjung yang sedang bermain air atau mandi. Disini sobat tidak akan menemui fasilitas apapun karena memang air terjun ini masih alami....atau memang belum dikelola oleh pemerintah ya, soalnya memang untuk memasuki lokasi ini sobat tidak dikenakan biaya masuk mungkin cuma bayar uang parkir kendaraan saja karena untuk mencapai ke lokasi harus berjalan kaki.

Pada bulan Mei dan Oktober biasanya pengunjung bertambah dikarenakan di bagian hulu air terjun ini terdapat Gua Maria sebagai tempat ziarah umat Katolik yang pada bulan itu merupakan penutupan bulan Maria bagi pemeluknya.



1 comments:

  1. Review yang cukup menarik sobat, Selain keindahannya di situ dikenal dengan tempat berdoa umat nasrani yang beragama Khatolik (Gua Maria riam merasap) dan juga legendanya, Ingin tahu legendanya silahkan baca di blog saya...

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog