Jembatan Suramadu, Jembatan Terpanjang Di Indonesia

1:15 PM
Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia dan juga merupakan salah satu ikon kota Surabaya yang memiliki panjang 5.438 meter. Jembatan ini menghubungkan antara pulau garam Madura dengan pulau Jawa (Surabaya). Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden saat itu Megawati Soekarno Putri pada tanggal 20 Agustus 2003 dan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Untuk membangun jembatan ini membutuhkan waktu kurang lebih 6 tahun dan biaya sebesar 4,5 triliun rupiah.

Pembangunan jembatan yang berada diatas selat madura ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di sisi pulau madura yang relatif tertinggal di bandingkan dengan kota tetangganya yaitu Surabaya. Jembatan ini memiliki 4 jalur yaitu 2 jalur untuk roda empat atau lebih dan 2 jalur untuk roda dua.

Bagi sobat yang ingin melewati jembatan tersebut harus terlebih dahulu membeli tiket seperti layaknya jalan tol. Untuk roda empat tarifnya sebesar Rp 30.000, sedangkan untuk roda dua sebesar Rp 3.000. Untuk sobat yang narsis abis, sobat bisa berfoto ria diatas jembatan tersebut, sebaiknya bila ingin pemandangan yang bagus lebih baik foto pada malam hari karena di jembatan suramadu tersebut dihiasi lampu warna - warni yang indah. Tapi sobat harus pintar - pintar membaca situasi karena peraturan di jembatan tersebut tidak diperbolehkan untuk berhenti sehingga bila sobat apes, sobat bisa ditilang oleh petugas/polisi yang sering patroli di jembatan tersebut.

Untuk mengakomodasi kapal laut yang melintasi selat madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter agar kapal bisa melintas dibawahnya. Jembatan yang memiliki lebar 30 meter ini memang sangat bermanfaat bagi semua baik warga Surabaya maupun Madura karena dengan adanya jembatan suramadu ini, orang - orang yang akan menyeberang ke madura atau sebaliknya tidak usah repot antri menunggu kapal penyeberangan yang ada di tanjung perak atau kamal.

Proyek jembatan suramadu ini sendiri pertama kali digagas pada tahun 1960an oleh Ir.Sedyatmo (alm) yang tadinya direncanakan untuk membuat jembatan yang menghubungkan pulau jawa dan sumatera. Dan gagasan ini mendapat respon positif dari presiden saat itu Soeharto (alm) dan pada awal Juni 1986 presiden Soeharto menunjuk Menristek BJ Habibie untuk melakukan kajian dan akhirnya bisa berdiri sekarang.


Ada keunikan pada jembatan ini, bila dilihat dari jauh maka kelihatan jembatan ini begitu menanjak di bagian tengahnya tapi bila kita melewatinya tidak ada bagian yang sangat menanjak itu yang ada hanya jalan yang sedikit landai. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

6 comments

iya...apalagi kalo malam hari....trims komennya ya....

Balas

artikel yang sangat bagus, ... sukses selalu sob

Balas