Pesona Taman Nasional Kepulauan Seribu

Pesona Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu ini terletak di propinsi DKI Jakarta. Obyek wisata yang satu ini menawarkan keindahan pantai dan kehidupan bawah lautnya yang terdiri dari berbagai jenis biota laut dan terumbu karang. Taman Nasional Kepulauan Seribu ini merupakan perwakilan kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak sekitar 45 kilometer utara kota Jakarta.

Meskipun namanya kepulauan seribu tapi tidak berarti jumlah pulaunya sebanyak 1000 buah, kepulauan seribu memiliki 78 pulau besar kecil yang kesemuanya memiliki ketinggian tidak lebih dari 3 meter dpl dan merupakan gugusan pulau karang. Pulau - pulau karang itu sendiri terbentuk dari beratus - ratus tahun lalu yang terbentuk di atas koloni binatang laut yang mati. Koloni ini pada awalnya tumbuh pada dasar laut yang dangkal lalu lama kelamaan naik ke permukaan dan jadilah pulau karang.

Taman Nasional ini juga merupakan tempat peneluran penyu sisik (Eretmochelys Imbricata) dan penyu hijau (Shelonia mydas). Penyu sisik dan penyu hijau ini merupakan spesies penyu yang sudah sangat langka, dan sekarang tengah ditangkarkan di pulau Semak Daun. Penangkaran tersebut bertujuan untuk memulihkan populasi binatang tersebut yang nyaris punah. Sebagian besar pulau ini di lindungi oleh hutan bakau yang juga sebagai tempat hidup hewan melata seperti biawak, ular cincin emas dan piton.

Di kepulauan seribu sendiri terdapat banyak pulau yang mempunyai obyek wisata sendiri - sendiri. Bila sobat ingin melihat penangkaran penyu sobat bisa berkunjung ke Pulau Semak Daun, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, dan Pulau Panggang. Bila sobat ingin menyelam sambil melihat pemandangan kapal - kapal karam pada masa perang dunia ke-2 sobat bisa berkunjung ke Pulau Opak, Pulau Karang Congkak dan Pulau Pranuka. Dan masih banyak lagi pulau - pulau yamg menawarkan  beraneka wisata disana.


Untuk mencapai ke tujuan wisata Kepulauan Seribu tersebut tidaklah sulit. Dari Marina Jaya Ancol ada kapal khusus melayani pengunjung yang ingin melihat obyek - obyek wisata bahari tersebut dengan waktu tempuh 1-2 jam. Atau sobat bisa berangkat dari Muara Angke ke pulau Pramuka menggunakan kapal fery dengan lama perjalanan 2,5 jam. Waktu berkunjung terbaik adalah bulan Maret sampai Mei karena di bulan tersebut ombak laut tidak terlalu besar.



1 comments:

  1. Selain melalui Muara Angke dan kali Adem, Pulau tidung dapat di tempuh melalui rawa saban Tangerang.
    Mari kita sama2 menjaga kelestarian alam di pulau seribu

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog