Tiket Masuk Gunung Bromo. Salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Dan menurut saya, tempat wisata di jatim yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing juga Gunung Bromo. Memang Gunung Bromo seakan menjadi magnet yang menarik hati para traveller domestik dan mancanegara.

Berbicara tentang Gunung Bromo kebetulan, beberapa waktu lalu saya berkunjung ke tempat ini tepatnya pada tanggal 26 Mei dan 2 Juni 2013. Dalam waktu 2 minggu, saya berlibur ke Bromo sebanyak 2 kali, itu karena saya sangat menyukai keindahan alam dan sunrisenya

Namun, meskipun hanya berselang 2 pekan, harga tiket masuk yang saya bayar berbeda dan lokasi pembayaran tiketnya juga dipindah. Pada saat pertama yaitu 26 Mei 2013, saya bersama teman membayar tiket di loket yang letaknya dekat dengan Hotel Cafe Lava di Desa Ngadisari dengan harga Rp 15.000 (motor + 2 penumpang) dengan rincian Rp 6 ribu/orang ditambah Rp 3 ribu untuk tiket masuk motor (kami menggunakan motor).

harga tiket masuk gunung bromo

Pada kunjungan kedua, 2 Juni 2013, tempat loket sudah berpindah agak jauh sebelum loket semula dan harga tiketnya pun sudah naik 2 kali lipat. Kami waktu itu membayar harga tiket sebesar Rp 27.000 (motor + 2 penumpang) dengan rincian Rp 12 ribu/orang dan tiket masuk motor Rp 3 ribu.

harga tiket masuk gunung bromo

Harga tiket yang Rp 12 ribu itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu Rp 10 ribu untuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Rp 2 ribu untuk pemerintah Kabupaten Probolinggo (waktu itu kami melalui jalur Probolinggo). Harga tiket sebesar itu khusus untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing sekitar Rp 75 ribu per orang.

Sebenarnya mahal dan tidaknya harga tiket masuk objek wisata tergantung dari apa yang kita dapatkan di tempat wisata tersebut. Sedangkan bagi kami, harga tiket sebesar itu cukup pantas dengan apa yang kita peroleh dan nikmati di sana. Jangan lupa bila berkunjung ke Gunung Bromo, mampir juga di Air Terjun Madakaripura yang eksotik.

Tagged:

Comments
6 Comments

6 comments:

  1. gunung bromo emang gak ada sepinya gan, harga segitu cukup wajar bagiku...

    ReplyDelete
  2. Yang bener 12rb apa 72rb untuk wisatawn lokal. Soalnya di beberapa link ada yang bilang 72rb untuk wisatawan lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12 ribu sob, yang 72 ribu itu untuk turis asing....

      Delete
  3. klo pke motor bisa ngak gan kesananya, soalnya mau pke vespa ane gan

    ReplyDelete
  4. air terjun madakaripura emang bagus gan tp not recommended bt dkunjungi...pengalaman ane 2x krg baik gan n bbrp kali udah masuk koran tuh masalah dsna...kita masuk udah bayar tiket n parkir..nyampe didalem ada guide non resmi yang tanpa kita minta merka udah nunjukin jalan ke lokasi(tanpa guide pun bisa mnuju ke lokasi air terjun dgn aman) masalahnya pada saat kita mau pulang tu guide udh matokin harga yg mau g mau hrs kita bayar...masalah ke 2 pada saat kita mau masuk mobil/motor ada lagi yang malakin untuk parkir dan ongkos cuci kendaraan...

    ReplyDelete
  5. gan...apa kondisi d air terjun madakaripura sdh nyaman bt dkunjungin? pengalaman ane 2x ksna selalu krg bagus gan...dpalakin sm guide n tukang parkir...dr lokasi parkir k air terjun sekitar 15mnt jln kaki n sebenarny kita bs aja lgsg mnuju ksna tanpa guide,kita turun dr kendaraan pasti sdh ada "guide" yg nunjukin jalan k lokasi tanpa ngmgin biaya...pdhl pd waktu kita mau pulang mereka sdh meminta biaya yg sdh dipatok sm mereka yang ke2 ...saat kita d lokasi air terjun kendaraan kita mobil/motor dcuci sm tukang parkir...jd alhasil dpt kejutan ke 2 biaya tak terduga dluar tiket masuk n parkir yg sdh ane bayar d loket :)

    ReplyDelete