Pesona Danau Singkarak, Sumatera Barat

10:11 AM
Obyek Wisata Danau Singkarak terletak di propinsi Sumatera Barat tepatnya 85 kilometer dari kota Padang. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba dengan luas 107,8 kilometer persegi. Danau dengan panjang maksimal 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dengan kedalaman 268 meter ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Sebagian air di danau ini digunakan untuk pembangkit listrik di PLTA Singkarak yang dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan dan Batang Anai.

Secara geografis danau Singkarak ini terletak di kabupaten Tanah Datar dan kabupaten Solok. Danau ini berada pada ketinggian 363,5 meter dpl dan dikelilingi oleh beberapa gunung antara lain gunung Singgalang, gunung Marapi dan gunung Lantik sehingga pemandangan yang disajikan sangatlah memanjakan mata. Selain indah Danau Singkarak bisa digunakan sebagai sarana olahraga seperti jogging, jalan santai, bersepeda, berenang, mendayung, memancing dan lain-lain.

Danau Singkarak
Seperti danau - danau lainnya di Indonesia, di danau ini juga disediakan perahu - perahu yang bisa disewa bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan danau ini dari dekat. Bahkan di saat -saat tertentu diadakan lomba balapan perahu tingkat lokal dan nasional  untuk menambah daya tarik danau Singkarak ini.  

Ikan Bilih
Di danau ini hidup beberapa spesies ikan. Tercatat hanya 19 spesies ikan yang hidup di danau ini, membuktikan bahwa ketersediaan bahan makanan dan nutrisi utama untuk ikan sangat terbatas. Ada satu jenis spesies asli danau ini yaitu ikan Bilih (Mystacoleusus Padangensis) yang hanya bisa hidup di danau ini, dan tidak bisa dibudidayakan meskipun menggunakan keramba apung di danau itu sendiri. Sobat bisa menikmati kelezatan ikan Bilih tersebut dengan membelinya di berbagai kios di sekitar danau yang menjual ikan tersebut.

Kereta Wisata
Untuk menuju ke danau Singkarak ada beberapa cara. Bila sobat dari kota Padang bisa naik mobil atau kendaraan umum lewat kota Solok dengan jarak 85 km atau lewat kota Padang Panjang dengan jarak 90 km, dengan biaya sekitar Rp 25.000 - Rp 40.000. Bila sobat ingin meyewa mobil tarifnya Rp 400.000 per hari. Sedikit saran sebaiknya sobat pulang pergi ke danau Singkarak tersebut dengan rute yang berbeda karena pemandangan di kedua rute tersebut yang indah melewati perbukitan dan berkelok - kelok. Disana juga tersedia kereta wisata jalur Padang Panjang - Solok - Sawahlunto yang melintasi tepi danau singkarak.

Memang Indonesia adalah negara yang kaya dan sudah kewajiban kita sobat untuk terus menjaganya agar anak cucu kita bisa menikmati karya agung Yang Maha Kuasa.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

3 comments

nice info sobat. menambah wawasan. happy blogging aja :)

Balas

terima kasih kunjungannya sob...

Balas

postingan yang penuh info bermanfaat, lengkap dengan km jarak dan kisaran biaya transport ke Singkarak.
Keep posting

Balas