Rute Perjalanan Touring Surabaya Bali


Bagi anda yang akan melakukan perjalanan dari Surabaya ke Bali naik motor, semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.Jarak antara kota Surabaya ke Denpasar kurang lebih 500 km dan biasanya rute ini ditempuh dalam waktu kurang lebih 12 jam lewat darat.Bagi yang belum pernah melakukan perjalanan jauh pasti hal itu akan menjadi momok dalam pikiran kita sendiri.Tapi bagi yang sudah terbiasa jarak segitu tidak ada apa-apanya kalau kita sudah sampai di tujuan.

Dan memang betul saya juga membuktikan sendiri 2 kali, touring ke pulau Bali memang jauh tapi tidak akan membuat kita menjadi payah sekali karena selain jalan yang kita lalui cenderung bagus/mulus dan lengang tidak seperti kalau kita ke arah barat dari Surabaya, juga kita akan disuguhkan pemandangan laut yang sangat indah di sepanjang perjalanan.

Bagi saya rute untuk ke Bali lebih baik lewat Pantura daripada lewat Jember karena jalannya tidak membingungkan dan relatif cepat.Berikut ini rute selengkapnya :

  • Sisi Pulau Jawa :

Dari Surabaya - Sidoarjo - Gempol - Gondanglegi - Beji - Jl.Patimura (kab.Pasuruan) - Bangil - masuk Kota Pasuruan (  Jl.Ahm.Yani - Untung Suropati - Dr.Soetomo - R.A Kartini - Raci - Jl.Soekarno Hatta - Balai Kota - Veteran - Ir.Juanda ) - Sambirejo - Arjosari - Ngopak (biasanya terjadi kemacetan didaerah ini) - Gejug Jati - Sumber Anyar - Nguling (terkenal dengan Rawonnya) - Tambak Rejo - Tongas - Banjarsari - Jl.Pasuruan Probolinggo - masuk kota Probolinggo ( Jl.Soekarno Hatta - Jend. Sudirman - Dringu - Pajurangan - Gending - Pang.Sudirman ) - Paiton (disini anda bisa beristirahat dengan nyaman karena disisi kiri jalan banyak terdapat warung makanan dan toilet serta musholla) -  Banyuglugur - Kalianget - Besuki - Demung - Ketah - Buduan - Mlandingan - Pasir Putih (disini anda bisa berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan laut yang indah dan berfoto ria) - Jl.Probolinggo Situbondo ( ini jalan yang sangat panjang,tapi jalannya mulus) - Klatakan - Panarukan - Pang.Sudirman - Ahm.Yani - Mayjen Basuki Rahmat (disini anda harus mengisi full bahan bakar motor anda karena akan memasuki Taman Nasional Baluran atau  kata orang Alas Purwo yang sangat luas ) - Jl.Situbondo Banyuwangi ( T.N Baluran ) - Jend.Gatot Subroto - Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. ( Lama peyeberangan dari Ketapang ke Gilimanuk selama 1 jam, itu kalau tidak antre ).Sisi pulau Jawa ini biasa ditempuh para pengendara selama 6-7 jam.

  • Sisi Pulau Bali : 

Turun dari kapal - Jl.Gilimanuk Negara - Jl.Udayana - Ahm.Yani - Pang.Sudirman - Hayam Wuruk - Jl Gilimanuk Denpasar ( disepanjang jalan ini anda akan disuguhkan pemandangan laut yang indah disisi kanan jalan, dan juga sawah-sawah dipinggir laut tapi untuk medan jalan naik turun,cukup capek dibuatnya) - Jl.Surabrata - Jl.Denpasar Gilimanuk - Lalanglinggah Antap - Antosari Antap - Antosari Megati - Megati Bantas - Bantas Meliling - Meliling Tabanan ( sampai sini anda akan dihadapkan pada dua jalur, ke kiri lewat Kota, ke kanan lewat By Pass, anda lewat By Pass saja) - By Pass Kediri - Ahm.Yani - Mengwi - Mengwitani - Jl.Raya Kapal - Sempidi/Lukluk - HOS.Cokroaminoto - Ubung Denpasar.Akhirnya sampai juga.Perjalanan sisi pulau Bali ini dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam.Di Denpasar banyak sekali hotel atau penginapan baik yang berbintang maupun melati jadi anda tak usah kuatirkan itu.
Semoga berguna bagi anda yang akan Touring ke Bali.

Share :

Facebook Twitter Google+

16 Responses to "Rute Perjalanan Touring Surabaya Bali"

  1. jadi pengen ke Bali...kapan ya bisa kesana...semoga aja bukan hanya mimpi belaka.

    ReplyDelete
  2. pasti bisa asal ada kemauan...terima kasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya....

    ReplyDelete
  4. Lafi planing ke bali nih naik motor......

    ReplyDelete
  5. mantap mas bro referensix,
    ane ada rencana single touring ke bali dari tgl 21 agust nanti, dan ini kali pertama touring ke bali. kalo pas timingx pengin ikut bareng bro.
    btw kasih rekomend dunk bro nama&alamat hotel/motel kelas2 backpacker.
    nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu aku nginep di hotel viking jl diponegoro denpasar, tarif per malam 100rb, itupun ada 2 bed...kalo di Poppies lane waktu itu full booking ada 1 tapi harganya 150rb jadi cari yang laen......

      Delete
  6. Siiiippp... mas bro.
    saya mau brangkat kebali tgl 20 tp ga kenal medan. Info kota akan saya pasang diGPS.
    Thx info u/jalur pantura & bypass.

    Tanya mas bro, saat akan isi full bahan bakar sbelum baluran ada dikota mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk isi BBM di Situbondo juga banyak sob....

      Delete
  7. mas bro saya besok mau berangkat ke bali dari makassar..
    klo tiba di bandara juanda naik apa ke terminal yg ke bali??? mohon petunjuknya masa bro.... makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lewat darat bisa naik bus dari terminal bungurasih surabaya ke terminal ubung Bali, mungkin ongkosnya sekitar 150 ribu sob...kalo dari juanda ke terminal bungurasih bisa naik taksi atau naik ojek jaraknya gak jauh kok....

      Delete
  8. rute tersebut aman untuk kondisi malam hari ga gan? mengingat saya orang kantoran..rencana pengen ke bali tanggal 15-18 november, berangkat 14 malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo naik mobil sih aman-aman aja, mungkin yang paling rawan di taman nasional balurannya, berupa jalan di tengah hutan sepanjang 22 km tanpa penerangan sama sekali, kalau naik motor mending rame2, soalnya aku juga pernah berangkat malem naik motor ke bali, satu tips lagi kalo lewat tempat yang rawan, nyalain lampu sein kendaraan yang sebelah kanan, itu aku dibilangin warga sana sendiri, katanya biar aman.....

      Delete
  9. Dulu pernah kesana naik motor berangkat jam 6 pagi sampe denpasar jam 8 malam, tambal ban 1x :D
    Lumayanlah jalanannya, cuma mall di bali kurang :D
    Jangan lupa bawa receh buat di kapal.

    Besok kalo memungkinkan mau berangkat nih bawa anak istri, supra fit jadul L2586XH kali aja ketemu silahkan tegur sapa :D

    ReplyDelete
  10. bagus sharingnya gan. Sekedar berbagi juga nih, saya juga pernah touring 2x (pertama bawa mobil dan kedua pakai Motor) dari Bogor ke Mataram (rute Bogor-Bandung-Tasik-Jogya-Solo-Surabaya-Situbondo-Banyuwangi-Denpasar-Mataram), Jalan dari Surabaya s.d Banyuwangi cukup bagus hanya agak sepi (tidak seramai Solo-Surabaya) dan cukup membosankan di jalan (+/-500KM). Pastikan kondisi mobil atau motor benar-benar Prima agar tidak menyengsarakan/mogok dijalan, kalau jalan malam pakai sepeda motor saat melewati hutan Baluran sebaiknya beriringan dengan kendaraan lain agar lebih aman dan sebaiknya dilakukan pagi s.d sore karena kalau ada kerusakan pada motor agak sulit/jauh bengkelnya.

    ReplyDelete