Sinopsis Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Sinopsis Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Sinopsis/ Cerita Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film bertema nasionalisme memang sudah tak asing lagi di Indonesia, sebut saja film Soekarno, Sang Kiai dan yang terbaru adalah film berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Tjokroaminoto atau yang lebih akrab disebut H.O.S Cokroaminoto adalah seorang pahlawan nasional yang merupakan salah seorang pelopor pergerakan nasional di Indonesia.

Nah, di film Guru Bangsa: Tjokroaminoto akan mengisahkan perjuangan sang pahlawan dalam memimpin pergerakan melawan pemerintahan Hindia Belanda. Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini akan dirilis pada 9 April 2015 mendatang.

sinopsis film Guru Bangsa: Tjokroaminoto
Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini bisa dibilang sebuah film besar karena kru filmnya merupakan insan-insan perfilman yang sudah sangat berpengalaman. Sang sutradara adalah Garin Nugroho dan produsernya adalah aktris senior Christine Hakim, siapa yang tidak kenal dengan kedua nama besar tersebut.

Tidak hanya itu, para pemain yang membintangi film Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini juga tidak sembarangan. Pemeran sosok Tjokroaminoto adalah aktor Reza Rahadian yang beberapa waktu lalu sukses memainkan sosok Habibie dalam film Habibie & Ainun. Selain Reza ada lagi Alex Abbad, Chelsea Islan, Maia Estianty, dan mendiang aktor Alex Komang. Christine Hakim juga ikut bermain dalam film ini.

Sinopsis/ Cerita Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto :

Film ini merupakan biopik dari salah satu pahlawan nasional Indonesia, HOS Tjokroaminoto. Setelah keluar dari sistem tanam paksa di akhir tahun 1800, Hindia Belanda (Indonesia) memasuki babak baru yang mempengaruhi kehidupan rakyatnya. 

Yakni dengan gerakan Politik Etis yang dijalankan oleh pemerintah Belanda. Tetapi kemiskinan masih banyak terjadi. Rakyat masih banyak yang belum memperoleh pendidikan dan ketimpangan sosial antar suku dan kasta masih jelas terlihat.

HOS Tjokroaminoto yang terlahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang agama yang kuat, tidak berdiam diri melihat kenyataan yang ada. Meskipun lingkungannya adalah keluarga ningrat yang hidup lebih nyaman dibandingkan dengan rakyat biasa. 

Ia berani menanggalkan status ningratnya dan bekerja menjadi kuli pelabuhan dan ikut merasakan penderitaan sebagai rakyat jelata. Selain itu, HOS Tjokroaminoto juga mendirikan Sarekat Dagang Islam (SDI).

Beliau juga menjadi guru beberapa pemuda yang nantinya akan menjadi tokoh-tokoh besar Indonesia dengan berbagai ideologi berbeda seperti Soekarno dan Kartosuwiryo.

Detail Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto :
  • Sutradara : Garin Nugroho
  • Produser : Christine Hakim
  • Penulis Naskah : Ari Syarif, Sabrang Mowo Damar Panuluh, Erik Supit
  • Pemain : Reza Rahadian, Christine Hakim, Alex Abbad, Egi Fedly, Chelsea Islan, Maia Estianty, Alex Komang, Ibnu Jamil, Deva Mahenra, Tanta Ginting, Putri Ayudya, Sujiwo Tejo, Christoffer Nelwan, Arjan Onderdenwijngaard
  • Genre : Sejarah
  • Tanggal Rilis Perdana : 09 April 2015
  • Studio : Picklock Production
Baca juga Sinopsis Film Filosofi Kopi.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog