Mengusir Sendu Di Kesunyian Ranu Klakah, Lumajang

Mengusir Sendu Di Kesunyian Ranu Klakah, Lumajang

Danau - Ranu Klakah Lumajang. Di penghujung musim penghujan mendung masih sesekali datang. Seolah hendak mengucap kata perpisahan, tak segan ia membungkus kesunyian Ranu Klakah. Guntur bergemuruh di atas awan. Tidak ada kilat ataupun setitik air yang memecah ketenangan ranu. sore sendu itu hujan tak jadi turun. Duh puitis banget kalimatnya.

Di danau yang terletak di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang ini, sendu hati tak akan betah berlama-lama bergelayut. Ia segera terusir oleh panorama ranu yang mengalihkan dunia. Udara segar, hamparan air tenang, desis angin yang sejuk membuai, lanskap Gunung Lamongan dengan ketinggian 1.668 meter dpl, dan geliat nelayan lokal yang penuh semangat menebar jala, menciptakan harmoni alam yang indah tanpa sedikitpun mengganggu kesunyiannya.

ranu klakah
Berlatar Gunung Lamongan
Selain berteman dengan kesunyian, di sini wisatawan juga dapat joging atau jalan santai di jalan beraspal di tepian danau, menikmati sarana permainan anak, berperahu, dan bahkan memancing. Di sini juga tersedia kamar penginapan dan beberapa warung yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan Ranu Klakah.

ranu klakah
Keramba
Berada di ketinggian 900 meter dpl, danau ini memiliki kedalaman sekitar 28 meter. Selain nelayan penebar jala, di atasnya juga terapung deretan keramba yang sengaja dipetak-petak, sifatnya seperti tambak buatan. Dibuat menggunakan jaring yang dikaitkan pada empat sudutnya dengan tong atau tabung plastik. Kesemuanya dirakit dengan bambu-bambu di atasnya yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antar petak kolam. Di sudut tertentu dibuat rumah bambu kecil untuk berteduh. Di dalam kolam-kolamnya dibudidayakan ikan nila, mujair, dan tombro.

Fasilitas Penunjang

Jika ingin berkunjung ke sini, setiap wisatawan dipungut tarif masuk Rp 3.000 saja. Menurut masyarakat setempat kondisi alami seperti ini memang sengaja dipertahankan. Meski sedikit banyak sudah ada, namun kelengkapan sarana dan prasarana bagi wisatawan pun bisa dibilang kurang. Misalnya, di salah satu sudut ranu sudah disediakan tempat bermain anak, tempat duduk untuk bersantai, dan gardu pandang. 

danau klakah
Perahu Motor
Selain itu ada juga motor boat yang bisa disewa untuk maksimal 10 orang dengan biaya Rp 80 ribu. Untuk yang suka olah raga air yang lebih menantang, ada dua jet ski yang disewakan dengan biaya Rp 30 ribu. Dan pengunjung yang ingin lebih nyaman bersantai di atas perahu, disediakan perahu bebek dengan biaya sewa Rp 10 ribu.

Namun bila dilihat dari bentuk ranu yang melingkar, mestinya ada jalur yang memudahkan pengunjung untuk menikmati tiap bagian dari ranu. Sayangnya disini jalan beraspal hanya sekitar seperempat saja. Sehingga kita bisa memandangnya hanya dari satu sudut saja.

ranu klakah
Bersantai
Ranu yang luasnya 22 hektar ini terletak di utara Lumajang, dengan jarak tempuh 18 kilometer dari kota atau hanya 2 kilometer ke arah timur dari Kecamatan Klakah. Panoramanya yang khas bisa dijadikan sebagai alternatif tujuan wisata bila mengunjungi Bali melewati Kabupaten Lumajang.

Tak jauh dari Ranu Klakah, sekitar 100 meter ke arah utara, pengunjung juga dapat mampir ke Ranu Pakis, objek wisata sejenis yang lebih luas dari Ranu Klakah. Selain itu ada pula Ranu Bedali yang terletak di Kecamatan Ranuyoso atau 7 kilometer dari Ranu Klakah. Ketiga danau ini merupakan kesatuan objek wisata yang sering disebut Segitiga Ranu.




1 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog